Pemdes Kepek Tawarkan Kios untuk Masyarakat

Ilustrasi kios - JIBI
29 Maret 2019 22:27 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Desa (Pemdes) Kepek, Kecamatan Wonosari, menawarkan penyewaan kios kepada warga sekitar yang ingin berdagang atau berbisnis. Kios yang disewakan berada di Dusun Sumbermulyo, Desa Kepek.

Kepala Desa (Kades) Kepek, Bambang Setiawan, mengatakan jajarannya menawarkan empat unit kios untuk disewa. "Dengan Rp3 juta sudah bisa sewa kios untuk buka warung atau usaha lain, yang penting tidak buka toko bahan bangunan," ucapnya, Jumat (29/3/2019).

Menurut Bambang, karena jumlah kios terbatas dan jumlah peminat banyak, maka siapa yang berhak mendapatkan hak sewa akan diundi. "Ada sekitar 10 sampai 15 orang yang sudah mendaftar dan siap diundi" kata Bambang.

Selain itu, warga desa yang sudah menyewa kios tidak diperbolehkan menyewa kios lagi. Pendaftaran hanya berlaku untuk satu orang per satu kartu keluarga (KK).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Sujoko, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pemdes Kepek. Hal itu bagus untuk pemberdayaan masyarakat desa. "Jadi yang punya usaha bisa berjualan meski dengan cara diundi supaya adil," ucap Sujoko. Ia berharap desa lain di Gunungkidul dapat menyiapkan wadah bagi warganya yang ingin berwirausaha.