Advertisement

Disbud DIY Gelar Festival Upacara Adat 2019 di Alun-Alun Wonosari

Yudhi Kusdiyanto
Kamis, 28 Maret 2019 - 22:37 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Disbud DIY Gelar Festival Upacara Adat 2019 di Alun-Alun Wonosari Festival Upacara Adat 2018 yang digelar di Alun-Alun Wates, Kulonprogo, tahun lalu. - Istimewa/Dokumen Disbud DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai upaya penguatan serta mewariskan nilai-nilai kearifan lokal sekaligus memberi ruang ekspresi kepada para pelaku ritual adat, Dinas Kebudayaan (Dibud) DIY bakal menggelar Festival Upacara Adat 2019 di Alun-Alun Kota Wonosari, Sabtu (30/3/2019).

Sebanyak lima kontingen dari kabupaten/kota se-DIY bakal menyajikan upacara adat masyarakat khas daerah masing-masing. Dalam festival ini, Kabupaten Gunungkidul menyajikan Tradisi Adat Babat Dalan Giring; Kabupaten Sleman menyajikan Adat Labuhan Merapi Kala Murdha; Kabupaten Bantul menyajikan Grebek Bakda Mangiran, Kabupaten Kulonprogo menyajikan Adat Kuthukan Sunan Geseng; dan Kota Jogja menyajikan Adat Karangkitri.

Advertisement

“Pada 2018 festival digelar di Alun-Alun Wates, Kulonprogo. Untuk pelaksanaan festival tahun ini berlangsung meriah karena menjadi bagian dari Peringatan 30 Tahun Bertahta Sri Sultan HB X,” kata Kabid Pelestarian dan Pengembangan Adat Tradisi Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY, Y Eni Lestari Rahayu, seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis (28/3/2019).

Eni menyatakan acara yang dimulai pukul 11.00 WIB tersebut bakal dikemas secara menarik serta komunikatif dengan menampilkan unsur koreografi dan teatrikal, sehingga dapat dinikmati, dihayati, dan diapresiasi masyarakat. “Acara ini diharapkan bisa menghibur warga serta wisatawan sekaligus menjadi momen untuk saling menguatkan kebudayaan yang ada di DIY,” kata Eni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement