Advertisement

Partai Politik Diimbau Segera Serahkan Nama Saksi

Rahmat Jiwandono
Minggu, 31 Maret 2019 - 21:17 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Partai Politik Diimbau Segera Serahkan Nama Saksi Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/ Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 diminta segera menyerahkan nama-nama saksi yang akan ditempatkan di 2.718 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh wilayah Gunungkidul. Berdasarkan data dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, hingga Jumat (29/3/2019) jumlah saksi yang masuk dan dilaporkan oleh parpol tercatat sebanyak 9.523 orang.

Ketua Bawaslu Gunungkidul, Is Sumarsono, mengatakan jumlah tersebut berasal dari delapan partai. Sebanyak tujuh parpol lainnya belum mengirimkan nama saksi mereka. "Ada tujuh parpol yang belum melaporkan nama-nama saksi. Kami masih menunggu, karena sesuai aturan nama harus diserahkan paling lambat akhir Maret ini," ucapnya, Sabtu (30/3/2019).

Advertisement

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan jika 15 parpol sudah mengirimkan nama-nama saksi, maka jumlah semua saksi mencapai 40.770 orang. "Jumlah tersebut belum ditambah saksi dari calon anggota Dewan Perwakilan Daerah [DPD] RI," katanya, Sabtu.

Dia menambahkan, sebelum ikut mengawasi jalannya pemilu, khususnya saat penghitungan dan rekapitulasi surat suara, saksi wajib menunjukkan KTP, menyerahkan surat dari peserta pemilu kepada KPPS dan meminta bukti tanda terima surat paling lambat satu hari sebelum pemilu, serta saksi harus memegang surat atau mandat dari parpol tertentu. "Jika tidak dapat menunjukkan surat akan dianggap menjadi saksi ilegal," ujarnya.

Ketua DPD Hanura Gunungkidul, Suparsarwo, menuturkan jajarannya menyiapkan saksi yang akan ditempatkan di seluruh TPS di Gunungkidul. "Pada Selasa [26/3] kami sudah menyiapkan 2.500 orang saksi, dan saat ini [Sabtu] hampir 2.700 orang. Ribuan saksi ini bakal mendapatkan honor dengan besaran sekitar Rp200.000 per orang," ujarnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement