Advertisement

Warga Surodadi, Ponjong, Pentaskan Tiga Kesenian

Rahmat Jiwandono
Kamis, 04 April 2019 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Warga Surodadi, Ponjong, Pentaskan Tiga Kesenian Anggota Sanggar Srikandi saat menyuguhkan kesenian jatilan, Minggu (17/3/2019) malam. - Istimewa/Dokumen Sanggar Srikandi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Dusun Surodadi, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, menggelar pentas tiga kesenian sekaligus yaitu hadrah, jatilan dan karawitan yang dimainkan oleh 68 pelaku seni. Acara tersebut digelar Minggu (17/3/2019) malam.

Ketua Dewan Sanggar Srikandi, Agus Riyadi, mengatakan acara gelar budaya tersebut merupakan kerja sama sanggar yang dia pimpin dengan Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY. Menurutnya, remaja saat ini kurang tertarik dengan kesenian tradisional. Dengan pentas tiga jenis kesenian ini, diharapkan para remaja tertarik dan mau melestarikan kesenian tradisional.

Advertisement

"Kesenian jatilan, hadrah dan karawitan perlu dipelajari oleh remaja. Ada nilai-nilai yang bisa dipelajari dari kesenian itu," ucapnya saat ditemui Harian Jogja, Kamis (4/4/2019).

Agus menyatakan pementasan bertujuan melestarikan budaya yang ada di Gunungkidul. Selain itu, pementasan merupakan bagian dari perwujudan trisakti yang dicetuskan oleh Presiden pertama republik Indonesia, Soekarno, untuk berdiri di kaki sendiri yang berkaitan dengan urusan kebudayaan. “Saya ingin masyarakat tidak melupakan nilai-nilai kebudayaan yang pernah diajarkan oleh Bung Karno,” katanya.

Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinpar DIY, Titik Fatmadewi, mengatakan jajarannya berkewajiban untuk mendukung semua jenis pengembangan potensi wisata di DIY. Menurut dia, pengembangan wisata di Bumi Handayani tidak hanya objek wisata pantai saja. “Jadi selain pantai ada atraksi budaya yang bisa menunjang pariwisata dan perlu diketahui oleh masyarakat maupun wisatawan” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement