Advertisement

Kampanye di Kridosono Ganggu Peserta UN, Pelajar Tumpahkan Protes di Instagram Prabowo

Lugas Subarkah & Budi Cahyana
Senin, 08 April 2019 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Kampanye di Kridosono Ganggu Peserta UN, Pelajar Tumpahkan Protes di Instagram Prabowo Kampanye Prabowo Subianto di Stadion Kridosono, Kota Jogja, Senin (8/4/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kampanye calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di Stadion Kridosono ditanggapi negatif oleh sejumlah pelajar di Kota Jogja, Senin (8/4/2019). Murid-murid SMA di sekitar stadion yang sedang mengerjakan ujian nasional terganggu dengan raungan knalpot dan klakson kendaraan bermotor.

Beberapa dari mereka menumpahkan kekecawaan di Instagram Prabowo.

Advertisement

Woy, aku ki isek UN. Kon njegar njeger nang ndalan, kon kiro ora nambah spaneng ho? Kampanye yo kampanye, tapi ra ngene carane pak. Mentang kon podo arep ngapusne UN njuk sak penakmu dewe [Saya masih UN. Anda ribut-ribut di jalan, Anda kira tidak menambah tegang? Kampanye ya kampanye, tetapi bukan begini caranya pak. Mentang-mentang mau menghapuskan UN terus semaunya sendiri],” tulis akun alyssachristable.

Komentar itu langsung ditanggapi banyak komentar lain yang senada. Mereka protes dengan suara bising di sekitar Stadion Kridosono yang mengganggu konsentrasi.

Pak lain kali kalo mau kampanye seperti ini lihat kondisinya dulu ya pak. Kami se-INDONESIA pada hari ini msh ada UN pak. Kami sgt merasa terganggu apalagi Yogyakarta adalah kota pelajar, yah pastilah dominan semua para pelajar pak. Boleh saja kampanye tapi lihat situasi pak. Ini ujian Nasional bukan Ulangan harian biasa pak! Kami mohon pengertiannya pak, ini sangat mengganggu konsentrasi kami sebagai pelajar yang sedang menghadapi UN,” tulis akin mariamonicatan.

Tolong dikoreksi. kali ga bisa ngerjain ada kemungkinan ketiga. Kita emang ga bisa ngerjain ditambah suara gebar geber motor nyanhi di TEPAT DI DERPAN SEKOLAH. Mapel unnya juga bukan bahasa, tapi fisika, kimia, biologi, sosiologi, ekonomi, geografi yg bahkan murid normal aja dengan sussana ujian yg tenang masih kesusahan,” tulis akun larasgunita.

Siswa Tak Bisa Masuk

SMAN 3 Jogja yang terletak di barat laut Stadion Kridosono melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tepat pada hari kampanye Prabowo, Senin (8/4/2019). SMAN 3 Jogja melaksanakan UNBK dalam tiga sesi, sehingga sesi dua dan tiga terlaksana siang sampai sore.

Letak SMAN 3 Jogja yang tepat berdekatan dengan Kridosono membuat kampanye cukup berpengaruh pada pelaksanaan UNBK. Beberapa siswa yang datang siang bahkan tidak bisa masuk ke kompleks sekolah karena jalan ditutup polisi. Akibatnya, mereka harus parkir sedikit jauh dari sekolah, seperti di Gramedia, Masjid Syuhada, dan sekitarnya.

Pejabat Humas SMAN 3 Jogja, Agus Santosa, mengatakan sebelumnya sekolah telah mengimbau untuk semua peserta agar datang pagi, pukul 07.30 WIB. Imbauan ini untuk mengantisipasi ditutupnya jalan menuju sekolah. Meski demikian, beberapa siswa yang ikut UNBK sesi dua dan tiga tetap datang siang, sehingga tidak bisa masuk kompleks sekolah. “Meski berseragam dan UNBK, tetap tidak boleh masuk,” kata dia.

Agus mengungkapkan ada suara motor peserta kampanye yang menggeber-geber knalpot, tetapi setelah sekolah mengomunikasikannya dengan korlap, masalah ini bisa teratasi.

Sound dari penyelenggara kampanye juga sudah pas, tidak sampai masuk ke ruang ujian,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement