Advertisement

Dinas Pariwisata Bantul Segera Bangun Tambatan Kapal Wisata di Laguna Pantai Depok

Ujang Hasanudin
Selasa, 09 April 2019 - 07:27 WIB
Maya Herawati
Dinas Pariwisata Bantul Segera Bangun Tambatan Kapal Wisata di Laguna Pantai Depok Ilustrasi tambatan kapal - ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata Bantul telah menyiapkan anggaran lebih kurang Rp1 miliar untuk membangun kawasan tambatan kapal wisata dan kapal Search and Rescue (SAR) di sekitar Laguna Pantai Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan sejauh ini Bantul belum memiliki tambatan khusus kapal wisata. Sementara kapal wisata akan kembali ditambah untuk melengkapi wisata Laguna Depok.

Advertisement

Selain kapal wisata, Bantul juga tidak memiliki tambatan khusus kapal SAR meski Kantor SAR dan Kantor‎ Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda DIY ada di Bantul. Selama ini kapal-kapal Ditpolair berlabuh di Gunungkidul, sehingga ketika terjadi peristiwa kecelakaan wisatawan harus mendatangkan dari Gunungkidul.

Kondisi tersebut diakui Kwintarto kurang efektif di tengah perkembangan wisata pantai di Bantul. "Jadi tambatan kapal yang akan dibangun nanti untuk mengakomodasi kapal wisata dan kapal SAR sekaligus kapal-kapal Polair," kata Kwintarto, Senin (8/4/2019).

Kwintarto mengaku tambatan kapal di Laguna Depok akan menambah daya tarik wisata karena kawasan tersebut nantinya juga akan menjadi pusat olahraga air internasional. Posisi tambatan akan diposisikan dibelakang kantor Ditpolair Polda DIY atau di muara kali Opak.

Disinggung soal tambatan kapal nelayan, Kwintarto menyatakan tambatan yang akan dibangun tidak terlalu besar. "Kami hanya mengakomodasi kapal wisata dan kapal penyelamatan wisatawan," ujar Kwintarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement