Cari Nama Anaknya di Surat Suara, Amien Rais Butuh Waktu Lebih dari 10 Menit untuk Nyoblos

Amien Rais saat tiba dan berada di TPS 123 Condongcatur, Rabu (17/4/2019). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
17 April 2019 10:47 WIB Uli Febriarni Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais mencoblos surat suara lebih dari 10 menit, di TPS 123, Rabu (17/4/2019).

Amien Rais mengungkapkan, yang menyebabkan ia cukup lama di bilik suara karena ia mencari nama putrinya, Hanum Rais yang mencalonkan diri sebagai Caleg DPRD DIY.

"Tadi saya kan cari yang nama yang di DIY [DPRD DIY] itu lho. Ternyata itu [Dapil kertas suara yang sedang dicoblos] Sleman Utara," ujarnya, usai mencoblos, Rabu.

Amien mengharapkan, Pemilu kali ini betul-betul adil dan transparan.

"Imbauan saya untuk semua anak bangsa, begitu selesai [mencoblos], C1 diamankan [diabadikan citra] dengan telepon genggam. Seandainya ada [perhitungan suara ] geseh atau tidak sama, bisa dicek kembali," ujarnya.

Hal tersebut perlu dilakukan sebagai bentuk pengawasan dalam proses Pemilu dari hulu hingga hilir. Menurut dia, hulu penyelenggaraan Pemilu ada di PPS sedangkan hilir ada di KPU RI. Kalau hulu, aman, maka demikian juga dengan perhitungan suara di tingkat hilir.

"Mudah-mudahan tidak ada kecurangan. Walaupun mungkin yang di luar negeri, karena jauh dari Indonesia, jangan lupa," kata dia.

Hanum Rais menimpali, lamanya Amien berada di bilik karena mencari nama dirinya di dalam urutan caleg DPRD DIY. Padahal nama dia tidak berada di Dapil setempat yang merupakan Sleman Utara. Hanum diketahui mencalonkan diri sebagai caleg lewat PAN dengan lokasi Dapil 6 atau Sleman Timur.

"Tadi ada juga yang tanya 'Saya mana?', saya jawab lho saya tidak di sini [bukan Dapil Sleman Utara]," ucapnya, dari sisi kiri tubuh Amien.