Bawaslu Gunungkidul Temukan Surat Suara Tercampur di Sejumlah TPS

Surat suara DPRD Kabupaten Gunungkidul dapil II Kecamatan Nglipar yang tercampur dengan surat suara di dapil III Kecamatan Karangmojo. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono.
17 April 2019 18:47 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, KARANGMOJO -- Sejumlah surat suara DPRD Kabupaten Gunungkidul ditemukan tercampur di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo yaitu di TPS 26 di Dusun Sawahan 13; TPS 14 di Dusun Candi 7; dan TPS 23 di Dusun Tuwuhan. Surat suara yang tercampur adalah surat suara calon legislatif (caleg) dapil II yaitu Kecamatan Nglipar bercampur dengan caleg dari Dapil III yaitu Kecamatan Karangmojo.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, Is Sumarsono, mengatakan berdasarkan hasil pemantauan Bawaslu bersama Bupati Gunungkidul di Kecamatan Karangmojo memang ditemukan surat suara yang tercampur. "Ya benar surat DPRD Kabupaten antar Dapil II dan Dapil III tercampur," ujarnya kepada Harian Jogja, Rabu (17/4/2019).

Menurut dia, surat suara DPRD Kabupaten Gunungkidul yang tercampur tidak hanya ditemukan di Kecamatan Karangmojo. "Temuannya merata di semua wilayah," imbuhnya.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) TPS 23 Dusun Tuwuhan, Wiyono, mengungkapkan diketahuinya ada surat suara saat dilakukan penghitungan surat suara. Pihaknya sempat menghentikan penghitungan suara selama beberapa waktu guna menunggu instruksi dari KPU Gunungkidul.

"Instruksinya untuk caleg dapil II yang sudah terlanjur dicoblos di Dapil III maka suaranya dihitung ke partai politik bukan kepada caleg," kata Wiyono.

Lebih lanjut dijelaskan Wiyono, proses pencoblosan tetap berjalan walau ada surat suara DPRD Kabupaten yang tertukar antar dapil. Diakuinya, dia masih menghitung jumlah surat suara dari caleg DPRD Kabuapten Gunungkidul dapil II yang telah masuk ke kotak suara. Sedangkan masih ada puluhan jumlah surat suara caleg DPRD Kabupaten Gunungkidul Dapil II yang tidak terpakai. "Jumlah yang tersisa ada 50 lembar surat suara," tandasnya.