Advertisement

Tiga Stasiun Ini Akan Melayani Penumpang Kereta Bandara Baru

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 23 April 2019 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Tiga Stasiun Ini Akan Melayani Penumpang Kereta Bandara Baru Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. - Ist/ Dok AP I

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Menjelang pengoperasian terbatas Yogyakarta International Airport (YIA) pada 29 April tahun ini, beberapa stasiun yang telah ditunjuk sebagai lokasi pemberhentian kereta api bandara telah menyiapkan diri. Stasiun tersebut yakni Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Wates Kulonprogo dan Stasiun Wojo Purworejo.

"Intinya kami sudah siap. Ada tiga stasiun yaitu Tugu, Wates, Wojo. Kita sudah siapkan fasilitasnya, sudah ada ruang tunggu dengan kapasitas 100 orang, ke depan akan dibangun fasilitas penunjang lainnya," kata Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, kepada awak media Selasa (23/4/2019).

Advertisement

Di Stasiun Wates, fasilitas ruang tunggu calon penumpang kereta bandara memanfaatkan bangunan yang sebelumnya digunakan sebagai gudang. Lokasinya persis di sebelah barat stasiun.

Kini gudang tersebut telah direnovasi dan dipoles sedemikian rupa menyesuaikan kebutuhan kereta bandara. Saat YIA dioperasikan pada akhir April, bangunan itu dipastikan bisa difungsikan. "Sekarang [Fasilitas di tigas stasiun] sudah 99%, artinya nanti telah siap digunakan," ujar Eko.

Di samping mempersiapkan stasiun, Daop 6 Yogyakarta juga telah menjadwal keberangkatan kereta api sesuai dengan jadwal keberangkatan pesawat di YIA. Jadwal ini memungkinkan kereta sudah sampai di stasiun tujuan maksimal dua hingga tiga jam sebelum pesawat lepas landas.

"Kalau dari Stasiun Tugu sampai Wojo kemungkinan waktu tempuh kereta paling lama 45 menit, untuk jenis keretanya belum bisa kami sampaikan, tapi yang pasti ada jadwal khusus non kereta reguler," kata Eko.

Kereta api ini akan mengikuti simulasi moda transportasi penunjang YIA yang dilaksanakan pada Rabu (24/4/2019) dan Jumat (26/4/2019). Selain kereta api, sejumlah angkutan, seperti bus damri, shuttle bus, taksi hingga kendaraan pribadi akan dilibatkan dalam uji coba tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement