Di Bantul, Perolehan Kursi PDIP Tetap, Gerindra Naik, Golkar Tetap

Bendera partai politik. - Solopos/Maulana Surya
24 April 2019 05:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :



Harianjogja.com, BANTUL-Penghitungan suara hasil pemilu 2019 masih belum selesai di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul. Namun sejumlah partai politik sudah mendapat gambaran hasil perolehan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul lewat perhitungan internal melalui saksi di tempat pemungutan suara (TPS). Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Perjuangan bahkan meyakini hitungan internal partai tidak akan jauh meleset.

Hasil tidak akan jauh berbeda, karena basis perhitungan kami dari semua saksi di TPS,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Bantul, Kusbowo Prasetyo, saat ditemui di kantor DPC PDIP Bantul, Selasa (23/4/2019).

Berdasarkan perhitungan internal DPC PDIP, jumlah perolehan kursi diperkirakan 12. Perolehan kursi tersebut sama dengan pemilihan legislatif (Pileg) 2014 lalu sebanyak 12 kursi. Rinciannya dua kursi untuk daerah pemilihan (Dapil) 1 yang meliputi Kecamatan Bantul dan Sewon, dua kursi di dapil II yang meliputi Banguntapan dan Piyungan, dan dua kursi di dapil III yang meliputi Dlingo, Imogiri, dan Pleret.

Kemudian dapil IV (Bambanglipuro, Jetis, Kretek, dan Pundong), Dapil Bantul V (Sanden, Pandak, Pajangan, dan Srandakan), dan Dapil (Kasihan dan Sedayu), masing-masing dua kursi. Sehingga totalnya 12 kursi. Walaupun perolehan kursi sama dengan tahun lalu, namun sebarannya yang berbeda.

“Terdapat pergeseran kursi di dua dapil, yakni dapil I yang sebelumnya satu kursi bertambah satu kursi. Sedangkan di dapil II yang sebelumnya tiga kursi berkurang menjadi dua kursi. Sedangkan untuk empat dapil lainnya jumlah kursinya setiap dapil tidak berubah alias sama dengan perolehan kursi pada pilleg 2014,” kata Kusbowo.

Kusbowo belum bisa menyebutkan siapa saja caleg PDIP yang dipastikan lolos dan tidak karena di beberapa dapil terdapat caleg yang perolehan suaranya ketat bahkan saling salip menyalip sehingga masih menunggu hasil akhir. Namun ia memprediksi caleg petahana yang akan mendominasi Fraksi PDIP di DPRD Bantul periode 2019-2024.

Kusbowo juga meyakini perwakilan PDIP untuk DPRD DIY dari Bantul sebanyak empat orang, yang terdiri dari dua dari Bantul barat dan dua dari Bantul timur. Siapa namanya ia masih belum mau menyebutkan.

Sementara itu Sekretaris DPC Gerindra Bantul, Darwinto mengatakan mengatakan perolehan suara pada pemilu ini meningkat. Bahkan dia mengklaim perolehan kursi berdasarkan hasil penghitungan internal mendapat sebanyak delapan kursi. Meningkat dua kursi dari perolehan pada pileg 2014 sebanyak enam kursi.

Perolehan suara tersebut dari dapil I sebanyak dua kursi, dapil III satu kursi, dapil IV dua kursi, dan dapil V dan V masing-masing satu kursi. Padahal pada 2014 lalu, Gerindra tidak mendapat kursi di dapil V dan hanya dapat satu kursi di Dapil IV.

Sama dengan PDIP, Darwinto juga enggan menyebutkan siapa saja yang lolos tersebut dengan alasan masih da perolehan suara yang ketat antar caleg. “Ini baru perhitungan internal kami. Perhitungan resmi KPU nanti kami yakin bisa bertambah paling tidak dua kursi karena masih ada jumlah suara butuh bertambah sedikit [untuk menjadi satu kursi],” ujar Darwinto.

Ia mengatakan meski meleset dari target sembilan kursi, namun pihaknya sudah bersyukur atas perolehan suara tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Bantul, Paidi mengatakan dari enam dapil, baru lima dapil yang sudah dipastikan mendapat satu kursi di masing-masing dapil. “Hanya dapil VI yang belum jelas,” kata Paidi. Pada 2014 lalu, Golkar juga memperoleh lima kursi.