Pemilu 2019, Sebagian PPK Rampungkan Rekapitulasi

Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/ Nurul Hidayat
24 April 2019 12:07 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Proses rekapitulasi di tingkat Paintia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebagian sudah dirampungkan. Komisi Pemilihan Kabupaten (KPU) Kulonproso segera menggelar rekapitulasi setelah semua PPK merampungkan urusan rekapitulasi suara Pemilu 2019.

Ketua KPU Kulonprogo Ibhah Muthiah mengungkapkan proses rekapitulasi di tingkat PPK sebagian sudah dirampungkan. Rekapitulasi tersebut sudah dimulai sejak Jumat (19/4/2019). Sejumlah PPK yang selesai yakni Girimulyo, Galur, Samigaluh, Nanggulan, Kalibawang dan Temon.

PPK lainnya belum bisa merampungkan perhitungan suara karena tidak semua PPK memulai perhitungannya dari Jumat. “Ada yang belum dimulai Jumat karena di tingkat desa belum beres. Baru dimulai besoknya,” ungkapnya, Selasa (23/4/2019).

Setelah rekapitulasi di tingkat PPK rampung, rekapitulasi suara akan dilanjut ke tingkat KPU Kulonprogo. Baru setelah itu diserahkan ke KPU DIY. Ibhah belum bisa mengestimasi kapan dimulainya penghitungan di KPU Kulonprogo karena masih menunggu semua PPK selesai.

Ketua PPK Sentolo Tusilah mengatakan timnya belum merampungkan rekapitulasi di tingkat PPK. Targetnya penghitungan suara Pemilu 2019 baru selesai pada seharian kemarin. “Sebenarnya tidak ada kendala apapun. PPK Sentolo memulai penghitungan pada Jumat [19/4/2019],” paparnya.

Dalam satu harinya, rekapitulasi ditargetkan selesai untuk satu desa. Proses rekapitulasi dalam satu harinya bisa memakan waktu sampai 16 jam. Setelah merampungkan rekapitulasi tingkat PPK, pihaknya langsung menaikan hasilnya ke KPU kabupaten.