Peta Kursi DPRD Sleman: PDIP Dominan, Gerindra Turun, Demokrat Nihil

Foto ilustrasi penyegelan logistik Pemilu 2019. - Antara/Siswowidodo
01 Mei 2019 19:27 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Proses rekapitulasi hasil Pemilu 2019 masih berlangsung, tetapi masing-masing partai politik (parpol) sudah memiliki gambaran jumlah perolehan kursi di DPRD Kabupaten Sleman 2019-2024.

Berdasarkan hasil perhitungan suara sementara, PDIP diprediksi akan memperoleh suara terbanyak dan menambah kursi di DPRD Sleman dari raihan 12 kursi pada Pemilu 2014.

“Berdasarkan hitungan internal partai, kami prediksi akan mendapatkan 15 kursi di DPRD Sleman,” kata Ketua DPC PDIP Sleman Kuswanto, Rabu (1/5).

Perkiraan tersebut meliputi Daerah Pemilihan (Dapil) 1 mendapatkan dua kursi, Dapil 2 mendapatkan tiga kursi, Dapil 3 mendapatkan tiga kursi, Dapil 4 mendapatkan tiga kursi, Dapil 5 mendapatkan dua kursi, dan Dapil 6 mendapatkan dua kursi.

Sementara itu, jumlah kursi Partai Gerindra menurun. Pada 2014 lalu, Gerindra berhasil meraih tujuh kursi di DPRD Sleman. Namun pada tahun ini, jumlah tersebut diprediksi turun menjadi enam kursi.

“Prediksi dari hitungan internal partai, kami mendapatkan masing-masing satu kursi di enam dapil, sehingga totalnya enam kursi. Pada 2014, Dapil 5 mendapatkan dua kursi, sehingga bisa mendapatkan tujuh kursi,” kata Sekretaris DPC Gerindra Sleman, Muhamad Arif Priyosusanto.

Enam kursi yang didapatkan Gerindra tersebut meliputi tiga petahana dan tiga pendatang baru. Petahana mendapatkan kursi di Dapil 1, Dapil 4, dan Dapil 5. Sedangkan pendatang baru berhasil mendapatkan kursi di Dapil 2, Dapil 3, dan Dapil 6.

Hal yang berbeda dirasakan Partai Amanat Nasional (PAN). Meski jumlah suara yang diperoleh pada tahun ini diprediksi meningkat, jumlah kursi yang didapatkan di DPRD Sleman tetap enam kursi.

“PAN diprediksi mendapatkan masing-masing satu kursi di tiap dapil. Namun, di Dapil 3, PAN bisa memperoleh dua kursi, saat ini masih bersaing dengan kursi pertama di dapil 3 untuk PPP,” kata Sekretaris DPD PAN Sleman Arif Kurniawan.

Menurut Arif, PAN juga masih menunggu hasil resmi yang nantinya akan diumumkan. “Hitungan itu kan berdasarkan internal partai, tentu kami menunggu hasil resmi nanti,” kata dia.

PKS juga diprediksi akan mendapatkan enam kursi pada pemilu tahun ini, jumlah yang sama seperti raihan pada 2014 lalu. PKB yang pada 2014 lalu mendapatkan lima kursi, pada tahun ini diprediksi mendapatkan enam kursi. Golkar yang pada 2014 lalu mendapatkan empat kursi, diprediksi mendapatkan lima kursi pada tahun ini.

Penurunan dirasakan juga oleh PPP yang pada 2014 lalu mendapatkan empat kursi, pada tahun ini diprediksi mendapatkan dua atau tiga kursi, dan Partai Demokrat yang 2014 lalu mendapatakan satu kursi, diprediksi tahun ini tidak mendapatkan kursi.