Advertisement

Dinilai Berkualitas Global, AACSB Perpanjang Akreditasi FEB UGM

Sunartono
Jum'at, 03 Mei 2019 - 00:57 WIB
Sunartono
Dinilai Berkualitas Global, AACSB Perpanjang Akreditasi FEB UGM Tom Robinson, CEO AACSB dengan Dekan FEB, Eko Suwardi, dalam Info Session: Toward A Better Quality of Business and Economics Higher Education, pada 4 Agustus 2018 di Auditorium Pusat Pembelajaran FEB UGM. - Ist/FEB UGM.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) International memperpanjang pemberian akreditasi kepada sekolah bisnis Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM). FEB UGM menjadi salah satu dari 38 sekolah bisnis dunia yang mendapat pengakuan akreditasi periode ini karena kualitasnya.

Dekan FEB UGM Eko Suwardi mengatakan capaian itu merupakan hasil kerja bersama seluruh pemangku kepentingan di lingkungan kampus maupun di luar kampus. “Reakreditasi AACSB ini merupakan bukti bahwa proses belajar mengajar di FEB UGM mengalami perbaikan berkelanjutan sesuai dengan standar yang diterapkan AACSB. Pada dasarnya proses belajar mengajar di FEB UGM berfokus pada engagement, innovation, dan impact,” ujar Eko dalam rilisnya Kamis (2/5/2019).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ia menambahkan FEB UGM selalu melibatkan industri dan lembaga/kementrian terkait sebagai regulator dan pembuat kebijakan, dengan menghasilkan berbagai kajian, riset dan membawa real business case di kelas-kelas.

“Dengan demikian kurikulum juga selalu diperbarui dan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang inovatif. Hasilnya, semua kegiatan pembelajaran dan riset diarahkan untuk bisa memberikan dampak tidak hanya bagi pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis tetapi juga peraturan, model bisnis, dan sebagainya bagi perbaikan masyarakat,”katanya.

Capaian FEB UGM ini sejalan dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2019 yaitu menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan dengan mewujudkan SDM kompetitif, inovatif, dan berkarakter. FEB UGM memaknai akreditasi AACSB sebagai salah satu tahap (milestones) yang harus dilalui oleh seluruh pemangku kepentingan dalam melakukan proses perbaikan terus menerus di berbagai aspek pembelajaran untuk mencapai satu tujuan yaitu mencetak pemimpin yang berpengetahuan luas dan berintegritas untuk melayani masyarakat.

Menristekdikti Prof. Nasir menyampaikan akreditasi AACSB ini bukan tujuan akhir, namun merupakan instrumen untuk mencapai hasil yang lebih baik yaitu dengan kualitas lulusan yang kompeten, inovasi dan penelitian, serta pengabdian masyarakat yang memberikan dampak positif. “Kami mengucapkan selamat atas capaian FEB UGM dalam mempertahankan akreditasi internasional ini,” ujarnya.

Rektor UGM, Prof Panut Mulyono, berharap agar FEB UGM terus menguatkan kiprah dalam menghasilkan pemimpin yang memiliki integritas kuat dan ilmu yang tinggi untuk melayani masyarakat. “Kontribusi FEB UGM dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan bangsa melalui riset harus terus ditingkatkan,” katanya.

Seperti diketahui, lebih dari satu abad AACSB berdiri membangun standar kualitas tertinggi pada bidang pendidikan bisnis. Tidaklah mudah untuk dapat memenuhi standar tersebut. Hal ini terbukti hingga saat ini hanya sekitar 5% sekolah bisnis di dunia yang telah berhasil terakreditasi AACSB yang terdiri dari 836 institusi di 55 negara. Pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya di bidang bisnis dan ekonomika, terbukti memiliki kualitas tinggi yang ditunjukkan dengan akreditasi AACSB tersebut yang untuk saat ini masih diwakili oleh School of Business FEB UGM. Akreditasi dimaksud merupakan pengakuan tertinggi atas kualitas pembelajaran dan riset yang berdampak positif terhadap masyarakat luas.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Naik Status Jadi Awas, Gunung Semeru Alami 22 Kali Letusan

News
| Senin, 05 Desember 2022, 00:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement