Besok, Penumpang Pesawat Perdana yang Mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta Disambut Bingkisan & Tarian

Pesawat Citilink mendarat dalam penerbangan uji coba di Bandara Internasional Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto
05 Mei 2019 20:47 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Angkasa Pura I menyiapkan inagurasi sambut penerbangan pesawat komersial pertama ke Bandara Internasional Yogyakarta Yogyakarta International Airport (YIA). Citilink menjadi pesawat pertama yang akan mendarat di YIA, Senin (6/5/2019) besok pukul 12.00 WIB. Para penumpang akan disambut dengan tarian dan bingkisan.

Juru Bicara Proyek Bandara YIA Angkasa Pura (AP) I Agus Pandu Purnama mengatakan perusahaan sudah mempersiapkan penyambutan penerbangan komersial pertama yang mendarat di YIA.

“Semua penumpang yang datang dan pergi kami siapkan bingkisan,” ujarnya, Minggu (5/5/2019).

Penumpang akan disambut dengan tari-tarian. YIA memulai operasionalnya Senin besok. Citilink akan tiba di YIA pukul 12.00 WIB. Lalu akan berangkat lagi pukul 13.10 ke Halim Perdana Kusuma. Jajaran direksi dari Citilink pun direncanakan akan ikut terbang dan ikuti inagurasi tersebut.

“Kesiapan bandara normal. Fasilitas semua kami gunakan sesuai dengan prosedur. Check in, pemeriksaan, ruang tunggu semua beroperasi,” kata Pandu.

Menteri BUMN Rini Soemarno sebenarnya direncanakan ikut dalam penerbangan pertama ke YIA tersebut sebagai penumpang. “Tetapi Bu Menteri tidak jadi Senin, jadinya Selasa. Tapi seperti biasa kami juga akan sambut Bu Menteri di Selasa-nya,” ucap Pandu.

Pandu mengatakan PT AP I menyiapkan transportasi darat dari YIA ke tempat-tempat tujuan. “Ada DAMRI, taksi, dan kereta juga.