Pelantikan GIPI DIY: Pengurus Baru Diminta Bergerak Cepat

Pelantikan Pengurus periode 2019-2024 Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY di University Hotel, Maguwoharjo, Depok, Sabtu (4/5/2019). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
06 Mei 2019 02:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Bantul Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengurus baru Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY periode 2019-2024 resmi dilantik. Pengurus baru diminta bergerak cepat membantu pemerintah mengembangkan dunia pariwisata yang melek teknologi informasi.

Ketua DPD GIPI DIY Bobby Ardyanto Setyo Ajie mengatakan pelantikan pengurus GIPI menjadi momen penting bagi semua asosiasi wisata DIY untuk bersinergi dengan pemerintah.

“GIPI menjadi etalase besar untuk segala permasalahan pariwisata,” kata Bobby di University Hotel, Maguwoharjo, Depok, Sabtu (4/5/2019).

Menurut Bobby, pengurus di DIY memiliki salah satu program kerja yaitu menjadi pendukung pemerintah mendorong pariwisata DIY terkemuka di ASEAN pada 2025. Karena itu, ada beberapa langkah yang akan dilakukan. Pertama, pembenahan destinasi. Bagaimana destinasi di DIY bisa berstandar internasional. Kedua, sumber daya manusia (SDM) harus berstandar internasional. Ketiga, terkait kelembagaan, keempat, yaitu bagaimana pemasaran yang tepat sasaran dan efisien.

Keberadaan bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo dinilai akan meningkatkan daya tarik serta standar internasional pariwisata setempat. Tantangan di dunia pariwisata saat ini menurut Bobby, semua pelaku wisata harus melek perkembangan teknologi agar dapat mengikuti zaman.

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) GIPI Didien Junaedy berpesan agar pengurus yang dilantik dapat bergerak dengan cepat.

“GIPI ini partner pemerintah. Terpenting kolaborasi pemerintah, akademisi, pengusaha, komunitas, dan media. Selain juga aparat keamanan, tanpa keamanan wisata tidak jalan,” ucapnya.

Dikatakan dia, DIY memiliki potensi wisata karena berdekatan dengan Jawa Tengah, otomatis ada empat bandara yang mendukung.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Rahardjo yang menyampaikan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan pelantikan ini menjadi momentum yang baik untuk memajukan pariwisata DIY.

“Keberadaan pengurus dari banyak latar belakang akan memberikan daya kemajemukan pikiran, ide, tindakan, maupun inovasi di bidang pariwisata,” ucapnya.

Diharapkan kontribusi GIPI DIY dalam menyukseskan program pemerintah dan mempromosikan, menciptakan akselerasi pembangunan dan pengembangan wisata DIY dengan program kerja yang konstruktif dan visioner.