DIY Bakal Punya 2 Kantor Imigrasi

Pembangunan terminal Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo, Sabtu (6/4/2019). - Harian Jogja/Budi Cahyana
14 Mei 2019 07:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM DIY tengah mengusulkan dibukanya satker imigrasi di bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Kanwil Kemenkumham sendiri sudah menyiapkan lima counter di bandara YIA untuk pengurusan dokumen keimigrasian.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Krismono, mengatakan pihaknya telah mengusulkan adanya kantor imigrasi tersendiri di Kulonprogo.

"Ini masih proses untuk mengusulkan," kata Krismono.

Dia mengatakan, sementara di Jogja pelayanan keimigrasian baru ada di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta.

"Mudah mudahan dengan adanya bandara baru kita usulkan di sana ada satker imigrasi tersendiri," pinta Krismono.

Di sisi lain, Krismono menyampaikan jika pihaknya sudah mempersiapkan diri menjelang dimulainya operasional bandara baru YIA secara menyeluruh.

"Kanwil Kemenkumham DIY sudah mempersiapkan diri di sana ada lima counter yang sudah kami siapkan untuk masuk dan keluar. Mudah mudahan nanti pada waktu operasional sudah siap semuanya," kata Krismono.

Dia mengatakan, sejumlah petugas dari imigrasi juga sudah ditugaskan beberapa untuk melaksanakan tugas di bandara yang baru nanti.

"Jadi begitu bandara sudah operasional maka otomatis sudah aktif di sana," imbuhnya.

Adapun, Krismono mengklaim jika ia dan jawatannya juga sudah melakukan simulasi pengurusan dokumen keimigrasian di bandara YIA.

"Sewaktu ada pak Menteri Hukum dan HAM dan Pak Menhub berkunjung, kita lakukan simulasi pelayanan keimigrasian di bandara baru YIA," ungkapnya.

Dikatakan Krismono, terkait dengan fasilitasnya yang diberikan dari imigrasi itu terdiri lima counter sudah siap.

"Kalau sudah berjalan menyeluruh nanti akan kita tambah bisa sampai 10 counter," tuturnya.

Lebih lanjut, imigrasi juga juga sudah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sekitar 25 tenaga imigrasi yang akan bertugas secara bergantian nantinya di YIA.

Ketika disinggung soal pengamanan aksi terorisme, Krismono mengatakan jika Kanwil Kemenkumham DIY juga juga menyiapkan tools untuk penganggulangan aksi terorisme.

Sebelumnya, terkait dengan pelayanan e-paspor, Kepala Kantor Imigrasi I TPI Yogyakarta Sutrisno, mengatakan jika Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta secepatnya akan meluncurkan pelayanan tersebut pada Minggu depan.

Dia mengatakan, uji coba sistem masih dilakukan untuk meningkatkan pelayanan e-paspor tersebut, agar pelayanan dapat berjalan Iancar dan kendala-kendala dapat diminimalisir selama pelayanan berlangsung kedepannya.

"Akan segera dilaksanakan karena sudah ada blankonya kemarin juga dilakukan uji coba, dan kita masih menunggu sistemnya. Masyarakat juga sudah menunggu nunggu. Dikarenakan e-paspor sendiri notabene baru dilaksanakan di DIY, karena masa transisi, jadi harus juga dilakukan update," jelasnya.

Dia mengatakan, ada tiga tempat untuk pelayanan paspor di Jogja yaitu di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta.

Kemudian, ada di unit layanan paspor (ULP) di Bantul, dan ada di mall pelayanan publik di Kulonprogo.