TRADISI LEBARAN : BI Ingatkan Jangan Tukar Uang Receh di Jalan, Ini Alasannya

Ilustrasi uang. - Bisnis/Rachman
15 Mei 2019 19:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Kantor Perwakilan Bang Indonesia (KPw BI) DIY telah menyiapkan sebanyak Rp7 triliun uang pecahan baru untuk keperluan Lebaran Idul Fitri. Jumlah uang pecahan tersebut kemudian didistribusikan ke sejumlah perbangkan untuk melayani masyarakat yang ingin menukarkan uang receh.

"Kami sudah siapkan uang pecahan baru total Rp7 triliun. Jumlah ini meningkat 13 persen jika dibanding tahun lalu, " kata Asisten Direktur KPw BI DIY Probo Sukesi, disela-sela peninjauan harga bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY di Pasar Bantul, Rabu (14/5/2019).

Probo menyatakan BI tidak melayani penukaran secara langsung melainkan bekerja sama melalui perbankan. Bahkan layanan penukaran keliling juga akan dilakukan di empat kabupaten dan kota secara terjadwal. Soal batasan penukaran, Probo tidak merinci, namun menurutnya maksimal penukaran sekitar Rp3,8 juta.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak menukarkan uangnya di pinggir-pinggir jalan atau bukan pada lembaga keuangan resmi karena tidak ada jaminan keasliannya. "Karena banyak kasus uang palsu yang bisa merugikan masyarakat sendiri. Kami ingin supaya masyarakat tidak dirugikan," ujar Probo.