Tingkatkan Layanan, Kantor Imigrasi Yogyakarta Gelar Pelatihan

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta, Sutrisno memberikan sambutan dalam pelatihan yang digelar di Hotel Platinum, Sleman, Rabu (15/5/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
15 Mei 2019 19:42 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Kantor Imigrasi Kelas 1 Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Yogyakarta menggelar pelatihan bagi pegawainya Pelatihan yang digelar di Hotel Platinum, Sleman, Rabu (15/5/2019) itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap publik.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta, Sutrisno, mengatakan pelatihan tersebut sejatinya merupakan kegiatan rutin yang ia lakukan saban tahun. Pada kegiatan kali ini, kata dia, ada sekitar 150 pegawai Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta serta jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) DIY yang jadi peserta.

“Agar para peserta terutama seluruh jajaran imigrasi itu lebih profesional untuk melayani masyarakat, dan masyarakat pun juga merasa lebih nyaman ketika dilayani,” kata dia kepada Harian Jogja, Rabu.

Lebih lanjut, kata dia, dalam melayani masyarakat, pegawai juga dituntut untuk bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP), termasuk di antaranya adalah bersikap sopan, dan menjaga etika-etika ketimuran. “Karena watak dan karakter setiap masyarakat yang datang ke kami berbeda-beda. Dengan pelatihan ini, kami mengundang narasumber sebagai pembicara, sehingga para pegawai nantinya bisa mengantisipasi setiap masyarakat yang datang ke kantor, sehingga mereka puas dengan layanan kami,” ucap dia.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM DIY, Krismono, dalam sambutannya mengatakan pelatihan tersebut merupakan momen yang baik, dalam membangun komitmen zona integritas menuju wilayah bebas korupsi. “Salah satu indikator penilaian keberhasilan dalam mewujudkan wilayah bebas korupsi adalah pelayanan publik,” kata dia.

Menurut dia pelayanan publik sangat penting. Pasalnya, sebagai aparat, kantornya dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Beberapa waktu lalu juga ombudsman menyurvei ke Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta, dan ada peningkatan yang sangat signifikan dalam pelayanan publik. Ini menjadi motivasi bagi kita semua,” ujar dia.