Advertisement

PBI UMY Asah Kemampuan Bicara Siswa SMP

Arief Junianto
Minggu, 19 Mei 2019 - 22:17 WIB
Arief Junianto
PBI UMY Asah Kemampuan Bicara Siswa SMP Siswa SMP Muhammadiyah 8 Jogja mengikuti pelatihan English Public Speaking di UMY, belum lama ini. - Istimewa/PBI UMY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar pelatihan English Public Speaking untuk siswa SMP Muhammadiyah 8 Jogja. Pelatihan yang digelar sejak 6 Maret sampai 10 April itu dimaksudkan melatih kemampuan siswa untuk berbicara di depan umum.

Salah satu staf pengajar PBI UMY yang mengampu pelatihan itu, Arifah Mardiningrum mengatakan fokus dari program pelatihan ini adalah pada pelatihan keterampilan berbicara di depan publik dalam bentuk pidato bahasa Inggris.

Advertisement

Program pelatihan itu, kata dia, diberikan kepada 20 pelajar Kelas VII dan Kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Jogja. “Harapannya program ini bisa jadi pembuka bagi bibit unggul yang siap bersaing dalam kompetisi perlombaan pidato ataupun kegiatan lainnya," ujarnya melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Minggu (19/5/2019).

Dalam pelatihan itu, kata Arifah, sebanyak lima mahasiswa PBI UMY dilibatkan. Masing-masing mahasiswa mengampu empat orang siswa dalam pembimbingan praktik di tiap pertemuan.

Adapun materi pelatihan, kata dia, difokuskan pada pronunciation, articulation, dan body language yang diperlukan saat berpidato. “Pada pertemuan terakhir pelatihan diadakan perlombaan pidato antarsiswa yang jadi perwakilan setiap kelompoknya. Dari sini bisa dilihat langsung perkembangannya selama menjalani pelatihan," ujar dia.

Guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 8, Annafi Annanda Oktaria, menilai pelatihan itu sangat untuk membantu sekolah dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, khususnya kemampuan berpidato.

Menurut dia, alokasi pembelajaran Bahasa Inggris yang kini sangat terbatas belum terdukung dengan ekstrakurikuler. Sementara itu dalam kompetisi yang sering diikuti oleh para siswa, mereka harus bersaing dengan sekolah menengah pertama lain di seluruh DIY. “Program ini tentu akan menjadi sangat bermanfaat bagi para siswa untuk menambah wawasan dalam bidang pidato," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement