Sambut Libur Lebaran, Belasan Jeep Wisata Diuji Kelayakan

Proses pengecekan jeep wisata di Kampung Traveller, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Selasa (28/5/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
30 Mei 2019 09:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, PENGASIH--Belasan Jeep Wisata di Kecamatan Pengasih dicek kelaikannya. Pengecekan yang dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Kulonprogo bersama Dinas Perhubungan tersebut dalam rangka memastikan keselamatan masyarakat yang hendak berwisata di kawasan perbukitan menoreh menggunakan jeep wisata selama libur lebaran 2019.

Tercatat ada tiga pengelola jeep wisata yang mengikuti pengecekan ini, yakni Kampung Traveller, Almon dan Sinar Menoreh. Adapun beberapa komponen yang dicek antara lain kelengkapan berkendara seperti sabuk pengaman, fungsi pengereman, hingga kelayakan ban.

"Bersama Dishub, kami juga memberi imbauan kepada pengelola jeep wisata untukĀ  mengutamakan keselamatan selama berkendara," kata Kasat Lantas Polres Kulonprogo, AKP Maryanto, usai melakukan pengecekan jeep wisata, Selasa (28/5/2019).

Maryanto mengatakan berdasarkan hasil pengecekan, seluruh jeep wisata dinyatakan layak jalan. Kendati begitu ada satu unit jeep yang belum memiliki sabuk pengaman. Kepada pengelola, pihaknya sudah meminta agar segera memasang komponen tersebut.

"Kendaraan-kendaraan yang belum berkeselamatan, kami beri toleransi untuk segera memperbaiki, sehingga pada saat digunakan untuk melayani pengunjung betul-betul kendaraan yang berkeselamatan," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo L Bowo Pristiyanto mengatakan pihaknya dan Polres Kulonprogo telah berkomitmen memastikan keselamatan pengunjung yang berwisata di Kulonprogo. Ini diperlukan mengingat kontur wilayah yang ditempuh jeep jeep wisata cukup ekstrim. Sebab melewati jalan berbukit yang terjal guns menuju ke beberapa destinasi di antaranya, Kalibiru, Pulepayung, dan beberapa obyek wisata lain.

Dikatakan Bowo angkutan wisata berupa jeep merupakan salah satu media promosi daerah. Maka dari itu segi keselamatan menjadi prioritas. Ketika, wisatawan mendapat pelayanan yang baik dan berkeselamatan, diharapkan bisa menjadi alat promosi bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kulonprogo.

"Kami bawa unit uji kendaraan bermotor, dari beberapa yang sudah kita lalui kendaraan sudah bagus, dan cukup memenuhi standar untuk menempuh jalan di perbukitan menoreh," ujarnya.

Selain jeep wisata, hari ini jajaranya juga melakukan pengecekan angkutan lebaran di beberapa titik di Kulonprogo. Pengecekan akan terus dilakukan hingga berakhirnya momen mudik dan balik lebaran.

Sementara itu salah satu pengelola jeep wisata dari Kampung Traveller, Firmantoko mengatakan dalam menghadapi libur lebaran, pihaknya telah menyiapkan segala hal penunjang keselamatan wisatawan pengguna jeep wisata. Sebanyak delapan jeep yang ia miliki sudah dipastikan siap. Sedangkan dua lainnya masih dalam perbaikan di bengkel.

"Dari kemarin memang apa yang kurang kita tambahkan, kaya handrem, ban juga sudah baru, dan rem sudah setel ulang kembali. Perawatan rutin di rem selalu kami cek. Kalau trouble kami panggil bengkel," ujarnya.