Advertisement

Penumpang di Bandara Kulonprogo Melonjak

Fahmi Ahmad Burhan
Minggu, 02 Juni 2019 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Penumpang di Bandara Kulonprogo Melonjak Penumpang mulai ramai di Yogyakarta International Airport (YIA) pada Minggu (2/6/2019). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Jumlah penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) menjelang Lebaran kian meningkat. Berdasarkan data Pokso Pelayanan Lebaran Bandara YIA pada Sabtu (1/6/2019), jumlah kedatangan penumpang mencapai 971 orang.

Jumlah tersebut melonjak dibanding pada hari sebelumnya di Jumat (31/5) dengan kedatangan 489 penumpang dan Kamis (30/5) sebanyak 335 penumpang. Untuk keberangkatan, dari 37 penumpang pada Jumat, melonjak menjadi 127 penumpang pada Sabtu.

Advertisement

General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Agus Pandu Purnama perusahaan menyiapkan adanya penerbangan ekstra di YIA dan Bandara Adisutjipto. “Untuk extra flight, 27 di Adisutjipto dan dua di YIA. Di YIA dari Garuda dan Air Asia,” ujar Pandu.

PT AP I juga menyiapkan transportasi pendukung baik kereta dan bus untuk melayani penumpang. “Shuttle bus kami ada 15 unit, di antaranya lima big bus untuk rute Jogja maupun Jateng. DAMRI ada 12 unit beroperasi semua. Kereta api juga kami sudah koordinasikan untuk jam-jam keberangkatan dan kedatangannya,” ujar Pandu.

Peningkatan jumlah penumpang juga terjadi di Terminal Wates. Petugas Terminal Wates, Radi, mengatakan, kenaikan jumlah penumpang sudah terjadi di H-6 lebaran. “Mulai ramai itu di H-6, kenaikan penumpang sampai 25% dibanding biasanya,” tutur Radi.

Berdasarkan pantauan di Posko Pelayanan Lebaran Terminal Wates, jumlah penumpang baik keberangkatan dan kedatangan perlahan mulai meningkat. Pada Kamis (30/5/2019) jumlah penumpang untuk kedatangan sebanyak 246 penumpang, keberangkatan 298 penumpang.

Pada Jumat, jumlah penumpang melonjak menjadi 524 penumpang yang datang, dan 452 penumpang yang berangkat. Di Sabtu, Jumlah penumpang yang datang sebanyak 559 dan yang berangkat 474 penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement