Advertisement

LIBUR LEBARAN : Hati-Hati, Banyak Kendaraan Tak Kuat Menanjak di Cinomati

Ujang Hasanudin
Senin, 03 Juni 2019 - 17:27 WIB
Bhekti Suryani
LIBUR LEBARAN : Hati-Hati, Banyak Kendaraan Tak Kuat Menanjak di Cinomati Sebuah mobil mogok di salah satu tanjakan yang ada di Jalan Cinomati, Minggu (23/12/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Tim pengamanan gabungan jalur Wonolelo Pleret-Terong Dlingo atau jalur Cinomati di Bantul menyebut arus lalu lintas di jalur wisata tersebut mulai ramai namun masih lancar sampai H-2 Lebaran ini. Hanya sejumlah kendaraan terpantau tidak kuat menanjak.

"Dalam sehari ini bisa sampai lima lebih kendaraan yang tidak kuat menanjak. Tapi belum sampai angka puluhan," kata Kapolsek Pleret, Ajun Komisaris Polisi, Sumanto, saat dihubungi, Senin (3/6/2019).

Advertisement

Sumanto mengatakan kendaraan yang tidak kuat menanjak rata-rata kendaraan berpelat nomor luar daerah. Para pengendaranya juga belum pernah melintas jalur Cinomati sehingga tidak mengetahui kondisi medan jalan. Mereka melintasi jalur tersebut berdasarkan penelusuran lewat aplikasi peta daring.

Jika mengacu pada google map, jalur Cinomati memang merupakan jalur pintas dari Bantul menuju Dlingo. Sumanto mengatakan selama ini hingga tujuh hari setelah Lebaran tim gabungan pengamanan jalur cinomati siaga di jalur tersebut dan membantu pengendara yang tidak kuat menanjak.

Tim gabungan terdiri dari polisi, TNI, Tim Search and Rescue (SAR) DIY, PMI, dan sejumlah relawan dan komunitas dari masyarakat. Tim gabungan sigap membantu pengendara yang tak kuat menanjak, di antaranya dengan menggantikan sopir sementara sampai atas jika sopir tidak kuat melanjutkan, mengganjal ban supaya kendaraan tidak melorot, dan memberikan imbauan kepada para pengendara.

"Ya intinya kami semua membantu kelancaran arus lalu lintas. Mempermudah pemudik maupun wisatawan yang menuju Dlingo atau mau ke Gunungkidul," kata Sumanto.

Sumanto memprediksi jalur Cinomati ramai setelah Lebaran karena banyak wisatawan yang melintasi jalur tersebut. Pihaknya juga sudah memasang sekumlah rambu dan imbauan di jalur Pleret agar kendaraan besar seperti bus dan truk bermuatan tidak melintasi jalur Cinomati selama Operasi Ketupat Progo 2019 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement