Advertisement

Lebaran Libur, Pemkab Bantul Jamin Keamanan dan Kenyamanan Wisatawan

Kiki Luqmanul Hakim (ST16)
Selasa, 04 Juni 2019 - 16:17 WIB
Sunartono
Lebaran Libur, Pemkab Bantul Jamin Keamanan dan Kenyamanan Wisatawan TPR Induk Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. - Harian Jogja/Arief Junianto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Demi memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pengunjung wisata lebaran dan pasca lebaran, Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul akan lakukan pengendalian pengunjung wisatawan. Pengendalian tersebut melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga organisasi masyarakat (Ormas) terkait.

“Jadi kita nanti akan bekerja sama dengan beberapa OPD untuk melakukan pengendalian. Diantaranya Satpol PP, Polres, Kodim, Dinas Perhubungan, Polair, AL dan Polsek. Tujuan kami dari kegiatan kali ini adalah memberi rasa aman dan nyaman untuk para pengunjung libur lebaran,” kata Kepala Dinpar, Kwintarto Heru Prabowo Selasa (28/5/2019).

Advertisement

Pengendalian ini menyasar kepada pengunjung wisatawan yang mengunjungi pantai Parangtritis dan sekitarnya. Pengendalian akan dilakukan pada 6 Juni hingga 16 Juni mendatang. “Tapi dari hari pertama hingga hari terakhir akan kami bagi jadi dua yaitu, tanggl 6 hinnga 9 adalah pengamanan atau pengendalain dan sisannya setelah tanggal 9 adalah pengendalian wisata pasca lebaran,” lanjut Kwintarto.

Pihak Dinpar sendiri melakukan pengendalian pengamanan di beberapa akses jalan menuju kawasan pantai dan juga memaksimalkan penjagaan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) di Parangtritis, Samas, Depok, Goa Cemara, hingga Pandansimo.

“Sedangkan untuk pengendalian yang di TPR kami gencarkan untuk mengurangi kemacetan di pintu masuk, 138 petugas akan kami kerahkan selama 4 hari [6 hingga 9 Juni], yang biasanya di TPR induk 6 orang dan untuk lebaran akan kami tambahkan menjadi 32 orang untuk dua TPR shift siang dan malam,” katanya.

Kwintarto juga menambahkan bahwa jika nanti ada kemacetan di  atas jembatan Kretek maka TPR didaerah tersebut akan langsung dibebaskan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti jembatan ambruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilgub Jakarta 2024, Demokrat Bakal Calonkan Dede Yusuf

News
| Jum'at, 19 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement