Advertisement

Tanpa Penutupan Jalan, Rute Takbiran Dibatasi Tak Keluar dari Area Kelurahan

Salsabila Annisa Azmi
Selasa, 04 Juni 2019 - 20:37 WIB
Sunartono
Tanpa Penutupan Jalan, Rute Takbiran Dibatasi Tak Keluar dari Area Kelurahan Apel pengamanan malam takbiran di Polres Bantul. - Harian Jogja/ Salsabila Annisa Azmi.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Polres Bantul melakulan pengamanan di sejumlah titik untuk perayaan malam takbiran. Pada lebaran 2019 ini tidak dilakukan penutupan jalan seperti tahun lalu, namun rute dibatasi tidak boleh keluar dari wilayah kelurahan.

Kasatlantas Polres Bantul, AKP Cerryn Nova,  mengatakan masing-masing kecamatan di Bantul telah melaporkan kelurahan yang akan melaksanakan lomba takbiran. Cerryn memastikan tidak ada penutupan ruas jalan, hanya saja rute takbiran memang dibatasi tidak boleh sampai keluar Ring Road Selatan agar tidak mengganggu arus mudik di jalan utama.

Advertisement

"Kalau yang mengadakan tingkat kelurahan, tidak boleh keluar dari wilayah kelurahan, apabila mereka menggunakan jalan utama, misalnya Jalan Bantul, kami tertibkan agar jalannya di pinggiran," kata Cerryn, Selasa (4/5/2019)

Cerryn mengatakan Polres Bantul telah bekerja sama dengan Polsek-Polsek di wilayah bantul untuk menerjunkan personel di setiap belokan ruas jalan Kecamatan demi mengamankan malam takbiran. Tujuannya agar rute yang dilaporkan dan sudah diatur tidak bertabrakan satu sama lain dan tidak dilanggar oleh masyarakat.

Pengamanan takbiran yang dilakukan Polres Bantul dilakukan mulai dari gerbang Selamat Datang di Projotamansari Bantul hingga Masjid Al Wafa Cepit. "Masing-masing kelurahan sudah dihandle oleh Polsek per kecamatan, kami fokus di situ dan di sekitar Paseban," kata Cerryn.

Lebih lanjut Cerryn mengatakan pengamanan lalu lintas yang dilakukan adalah dengan menertibkan warga yang memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi di jalan kecamatan atau kelurahan wilayah Bantul. Selain itu personil akan menyita petasan atau mercon. Sebab dikhawatirkan akan membahayakan masyarakat yang menonton takbiran.

Ia menambahkan kegiatan malam takbiran di wilayah Bantul dibatasi hingga pukul 23.00 WIB guna mempersiapkan pengamanan sholat idul fitri. "Saat batas waktu pembubaran malam takbiran kami akan bekerja ekstra karena biasanya molor hingga pukul 02.00 WIB," kata Cerryn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement