Advertisement

Di Jogja, Gema Takbir Ramaikan Jalan Parangtritis

Lugas Subarkah
Rabu, 05 Juni 2019 - 00:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Di Jogja, Gema Takbir Ramaikan Jalan Parangtritis Suasana Festival Takbir Mergangsan di titik kumpul Museum Perjuangan, Selasa (4/6 - 2019).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai penutupan kegiatan Ramadan 1440 Hijriah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Mergangsan kembali menggelar festival takbir dengan mengangkat tema Isyhadu Bi Anna Muslimun, dengan titik kumpul di halaman Museum Perjuangan, Mergangsan, Selasa (4/6/2019).

Ketua Panitia Festival Takbir Mergangsan, Toto Andrio Nugroho, menjelaskan tema ini berarti tunjukkan bahwa kita adalah seorang muslim. “Dengan harapan bisa mengimplementasikan nilai-nilai keislaman yang sesungguhnya,” katanya, Selasa.

Advertisement

Format fesrival takbir ini adalah perlombaan dengan diikuti oleh 22 masjid. Masing-masing masjid membawa sekitar 200 peserta. Mereka memperebutkan Trofi Walikota dengan tiga juara umum dan delapan juara kategori.

Festival takbir ini mengambil rute start dari halaman Museum Perjuangan pukul 19.45, ke arah barat hingga pojok beteng wetan, lalu ke selatan menyusuri Jalan Parangtritis hingga SPBU Menukan, belok ke timur dan finish di SD Muhammadiah Karangkajen.

Untuk mengondisikan jalan, panitia menutup ruas Jalan Kolonel Sugiono yang ke arah barat, memberlakukan buka-tutup Jalan Parangtritis dan Jalan Ireda, serta menutup total Jalan Menukan. "Biasanya yang jadi masalah macet parah di Jalan Parangtritis," katanya.

Sebagai upaya pengamanan, panitia bekerjasama dengan sejumlah elemen, yakni Kokam yang menyiaplan 25 personel, Paksi Katon 30 personil dan Polsek Mergangsan 30 personel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement