Di Jogja, Gema Takbir Ramaikan Jalan Parangtritis

Suasana Festival Takbir Mergangsan di titik kumpul Museum Perjuangan, Selasa (4/6 - 2019).
05 Juni 2019 00:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai penutupan kegiatan Ramadan 1440 Hijriah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Mergangsan kembali menggelar festival takbir dengan mengangkat tema Isyhadu Bi Anna Muslimun, dengan titik kumpul di halaman Museum Perjuangan, Mergangsan, Selasa (4/6/2019).

Ketua Panitia Festival Takbir Mergangsan, Toto Andrio Nugroho, menjelaskan tema ini berarti tunjukkan bahwa kita adalah seorang muslim. “Dengan harapan bisa mengimplementasikan nilai-nilai keislaman yang sesungguhnya,” katanya, Selasa.

Format fesrival takbir ini adalah perlombaan dengan diikuti oleh 22 masjid. Masing-masing masjid membawa sekitar 200 peserta. Mereka memperebutkan Trofi Walikota dengan tiga juara umum dan delapan juara kategori.

Festival takbir ini mengambil rute start dari halaman Museum Perjuangan pukul 19.45, ke arah barat hingga pojok beteng wetan, lalu ke selatan menyusuri Jalan Parangtritis hingga SPBU Menukan, belok ke timur dan finish di SD Muhammadiah Karangkajen.

Untuk mengondisikan jalan, panitia menutup ruas Jalan Kolonel Sugiono yang ke arah barat, memberlakukan buka-tutup Jalan Parangtritis dan Jalan Ireda, serta menutup total Jalan Menukan. "Biasanya yang jadi masalah macet parah di Jalan Parangtritis," katanya.

Sebagai upaya pengamanan, panitia bekerjasama dengan sejumlah elemen, yakni Kokam yang menyiaplan 25 personel, Paksi Katon 30 personil dan Polsek Mergangsan 30 personel.