Advertisement

Warga dari Luar DIY Ikuti Grebeg Syawal

Lugas Subarkah
Rabu, 05 Juni 2019 - 17:37 WIB
Sunartono
Warga dari Luar DIY Ikuti Grebeg Syawal Warga mendapat hasil bumi dari Gunungan dalam Grebeg Syawal di Masjid Kagungan Ndalem Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat, Rabu (5/6/2019). - Harian Jogja/ Lugas Subarkah.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Seperti tradisi Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat tahun-tahun sebelumnya, memasuki Syawal ini Kraton kembali menggelar Grebeg Gunungan, Rabu (5/6/2019). Masyarakat antusias menggrebeg gunungan ini, beberapa diantaranya bahkan  datang dari luar DIY.

Salah seorang yabg ikut serta dalam grebeg gunungan ini adalah Dharmawan. Ia berasal dari Sidoarjo yang kini tinggal di Nganjuk, Jawa Timur. Di Jogja, ia berkunjung ke tempat saudaranya, sejak tiga hari terakhir.

Advertisement

Ia mengaku baru pertama mengikuti grebeg ini. Ditangannya tergenggam beberapa sayur seperti cabai dan kacang panjang. Ia hendak menyimpan sayur-sayur itu agar mendapat keberuntungan. "Kata nenek saya dulu gitu, jadi enggak dimasak," ungkapnya.

Warga lainnya yang turut memperebutkan gunungan ini adalah Atik. Ia saat ini tinggal di Surabaya, dan di Jogja dalam rangka lebaran ke rumah saudaranya. Saat grebeg ia jiga ikut berebut bersama ratusan warga lainnya, dan mwndapat beberapa sayur.

Ia juga baru pertama kali ikut grebeg gunungan. Katanya, ia akan menjadikan sayur-sayuran itu sebagai kenang-kenangan. "Buat kenang-kenangan aja sih, dari sini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement