Simpang Empat Tugu Jogja Ramai Lancar

Lalu lintas simpang empat Tugu Jogja terlihat lancar, Jumat (7/6/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah.
07 Juni 2019 19:47 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Hari ketiga lebaran, lalu lintas sekitar Tugu Jogja ramai lancar. Tidak terlihat ada kemacetan parah di sekitar simpang empat tugu. Hanya saja penumpukan kendaraan di traffic light beberapa kali terjadi sehingga menutup jalan dari arah berlawanan.

Perwira Pos Pengamanan Tugu, Iptu Anwar Manani, mengatakan sejak dibukanya pos pengamanan pada Rabu (29/5/2019) lalu, situasi masih aman terkendali. “Belum ada kemacetan parah atau kecelakaan lalu lintas,” katanya kepada Harianjogja.Com, Jumat (7/6/2019).

Ia menjelaskan kawasan Tugu Jogja biasanya padat hanya pada jam-jam tertentu. Jika di hari kerja, jam padat dari pukul 07.00 sampai 08.30 WIB. Lalu sore hari mulai pukul 15.00 hingga 21.00 WIB. “Jam Sembilan malam gentian dengan wisatawan yang selfie di tugu,” kata dia.

Polisi yang berjaga 24 jam di Pospam Tugu juga selalu mengatur kendaraan maupun wisatawan yang berselfie di tugu pada malam hari. Iptu Anwar mengatakan, terkadang mereka yang asyik selfie di tugu tidak memperhatikan lalu lintas di sekitarnya.

Selain itu, kawasan Pasar Kranggan yang masih menjadi wilayah operasi Pospam Tugu juga sejauh ini masih aman, belum terjadi kriminalitas di sana. ia mengungkapkan telah mengerahkan beberapa personilnya untuk berjaga di sekitar Pasar Kranggan.

Berdasarkan pantauan harianjogja.com, jalan di sekitar simpang empat Tugu memang tidak terlalu macet. Kepadatan mulai ditemui di sisi selatan Jalan Marga Utama hingga Jalan Kleringan. Di situ polisi memberlakukan rekayasa dengan menutup jalan kea rah Malioboro.

Kendaraan dari Jalan Kleringan diarahkan memutar lewat Stadion Kridosono. Akibatnya, terjadi penumpukan kendaraan di jalan melingkar Stadion Kridosono. Kemacetan juga terjadi di sepanjang Jalan Mataram hingga Abu Bakar Ali. Libur lebaran ini dimanfaatkan wisatawan untuk berkunjung ke Malioboro.