Orang Kehabisan Bekal Bisa Dapat Rp500.000

Ilustrasi uang. - Bisnis/Rachman
07 Juni 2019 12:57 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sleman siap memberikan bantuan kepada orang kecopetan maupun kehabisan bekal selama libur Lebaran ini.

“Kami [Dinsos] memang punya program itu, Kalau ada yang kecopetan maupun kehabisan bekal selama libur Lebaran, kami beri bantuan pemulangan ke wilayah asal melalui jaring pengaman sosial bupati,” ungkap Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Sleman, Junadi, kepada Harian Jogja, Jumat (7/6/2019).

Pemberian bantuan berupa ongkos untuk pulang bervariasi. Untuk daerah luar Jawa, bantuan ongkos pulang maksimal diberikan Rp500.000. JUntuk daerah Jakarta maupun daerah Jawa lainnya, pemberian bantuan akan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

“Kan nanti ada pertimbangan, biasanya di wawancara dulu, tempat asalnya di mana, dari kota jauh atau enggak, perlu naik ojek lagi atau enggak. Pokoknya dikasih bantuan ongkos sampai rumah,” tutur Junadi.

Untuk syaratnya, jika kecopetan, bisa meminta surat kehilangan di Polsek terdekat, begitu juga jika kehabisan bekal, bisa meminta surat keterangan kepada Polsek terdekat untuk selanjutnya dibawa ke Kantor Dinsos Sleman.

“Karena kami memang sudah ada teman-teman piket yang nanti melayani. Kalau dari tahun sebelumnya, cukup banyak yang kecopetan maupun kehabisan bekal yang kami beri bantuan,” ucap dia.