Libur Lebaran, Cokelat Nglanggeran Raup Rp4 Juta

Wisatawan membeli oleh-oleh cokelat di kompleks wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Jumat (7/6/2019).-Harian Jogja - Rahmat Jiwandono
07 Juni 2019 17:17 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Di masa libur Lebaran, cokelat khas Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul diburu wisatawan. Pendapatan yang diperoleh pedagang mencapai Rp4 juta.

Pegawai Griya Coklat Nglanggeran, Tri Astuti Wahyuni, menuturkan pendapatan Rp4 juta itu diperoleh sejak Kamis (6/6/2019) sampai Jumat (7/6/2019) siang. Bila dibandingkan tahun lalu, jumlah itu lebih sedikit karena pada 2018 pendapatannya per hari bisa Rp6 juta.

“Keuntungan tahun ini tidak terlalu banyak,” ungkapnya, Jumat. Keuntungan paling besar berasal dari penjualan minuman cokelat yang dibanderol dengan harga Rp7.000. Kamis lalu minuman cokelat dapat terjual kurang lebih 150 bungkus dengan untung sekitar Rp1 juta.

Dia menambahkan sisanya yang dibeli oleh konsumen ialah olahan cokelat berupa kripik salut dan camilan dalam bentuk coklat. Pisang salut dijual seharga Rp11.000.

Menurutnya, pembeli kebanyakan berasal dari luar Jogja. Penurunan penjualan cokelat dimungkinkan karena wisatawan yang mudik ke Gunungkidul tidak terlalu banyak.