Advertisement

Pospam Lebaran : Belum Ditemukan Masalah Kesehatan yang Signifikan

Lugas Subarkah
Sabtu, 08 Juni 2019 - 13:17 WIB
Sunartono
Pospam Lebaran : Belum Ditemukan Masalah Kesehatan yang Signifikan Ilustrasi pemudik tiba di Terminal Giwangan. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Selama musim lebaran, Dinas Kesehatan Kota Jogja bekerja sama dengan sejumlah lembaga kesehatan seperti PMI, Jasa Raharja dan lainnya menegantisipasi masalah kesehatan yang mungkin terjadi, dengan membuka posko di sejumlah titik.

Kasie Pelayanan Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Kota Jogja, Okto Heru Santosa mengatakan kepada harianjogja.com, Jumat (7/6/2019), sejak dibukanya posko kesehatan belum ditemui permasalahan kesehatan atau kecelakaan yang menyebabkan luka parah.

Advertisement

Ia menyebutkan di posko hanya terjadi dua kali kecelakaan, dengan kondisi luka ringan. “Cuma luka lecet, diberi obat merah udah sembuh, bahkan pasien ada yang bilang ‘udah nggak papa kok pak’ dan langsung pergi,” kata dia.

Sejak Rabu (29/5/2019) hingga Rabu (12/6/2019), Dinas Kesehatan Kota Jogja dibantu tenaga medis dari Puskesmas berjaga di tiga Posko Pengamanan bersama Polisi, yakni Tugu, Abu Bakar Ali dan Titik Nol Km. selain itu posko kesehatan juga dibuka di kumpulan masa seperti Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Terminal Giwangan, Gembiraloka dan Ketandan.

Dinas Kesehatan mendistribusikan tenaga dan penanggung jawab untuk posko di kumpulan masa. Di stasiun, posko dijaga oleh tenaga klinik kesehatan yang memang telah dimiliki PT KAI Daop 6. Di Giwangan, posko dijaga personil dari jasa Raharja. Di Gembiraloka, posko dijaga oleh PMI.

Di luar itu, Dinas Kesehatan Kota jogja juga membuka layanan lewat telfon dengan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu, yang diampu oleh PSC 119 Yes. “Program ini tidak memiliki posko fisik, tapi standby 24 jam on call,” kata dia.

Dari PSC ini tercatat terjadi tiga kecelakaan, pertama pada Rabu (29/5/2019) di Jalan Kenari, tabrakan antara motor dengan mobil, korban luka ringan dan ditangani ditempat. Kedua pada Jumat (31/5/2019) di simpang empat Tungkak, kecelakaan tunggal dan cukup parah, korban dibawa ke Rumah Sakit Pratama.

Ketiga terjadi di hari yang sama, Jumat (31/5/2019) di RIngroad Selatan, korban ditangani PMI. “Jadi PSC memang bekerja sama dengan PMI dan Rumah Sakit se-Jogja, nanti mana yang paling dekat dengan lokasi kejadian langsung dikontak,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement