Gegara Jalan Rusak, Kunjungan Wisata Kebun Teh di Kulonprogo Anjlok

Salah satu wisata kebun teh di Kulonprogo.Harian Jogja/Beny Prasetya
10 Juni 2019 17:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Rusaknya jalan menuju objek wisata Kebun Teh Tritis disinyalir menjadi penyebab anjloknya jumlah kunjungan wisatawan selama libur Lebaran di objek wisata yang berlokasi di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh itu. 

Salah satu pengelola Objek Wisata Kebun Teh Tritis, Warih mengungkapkan pada libur Lebaran tahun lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata tersebut bisa mencapai 1.500 orang per hari. Namun, selama libur Lebaran kemarin, jumlahnya menyusut drastis sekitar 200 orang per hari. 

"Pada H+2  sebanyak 130 tiket, H+3 ada 141 tiket, H+4 hanya 212 tiket. Jumlah ini berkurang drastis karena jalan satu-satunya menuju Tritis rusak parah," kata Warih, Senin (10/6/2019). 

Sebelum rusak, jalan utama itu bisa dilewati semua kendaraan. Namun sejak kerusakan terjadi di hampir sepanjang titik jalan, hanya kendaraan roda dua yang bisa melewatinya. Itupun perlu kehati-hatian yang ekstra, sebab kerusakan jalan tergolong parah, bahkan beberapa bagian ambrol. 

Warih mendapat informasi jika tahun ini akan ada perbaikan jalan. Namun hingga sekarang belum terealisasi. "Infonya mau diperbaiki tahun ini, tapi tidak tahu apakah jadi atau tidak," ujarnya seraya berharap perbaikan jalan bisa disegerakan mengingat obyek wisata tersebut menjadi penyokong perekonomian warga sekitar.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo Niken Probo Laras mengakui jika jalan utama menuju Kebun Teh Tritis rusak parah. Kondisi ini berdampak pada penurunan kunjungan wisata. Rencananya jalan tersebut mulai diperbaiki setelah Lebaran tahun ini. "Kemungkinan setelah lebaran akan diperbaiki," ujar Niken.