Libur Lebaran, Ada Ratusan Pemohon Layanan Administrasi Kependudukan di Sleman

ILustrasi Administrasi kependudukan - JIBI
14 Juni 2019 10:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Pelaksanaan pelayanan Administrasi Kependudukan (adminduk) selama libur lebaran 2019 tetap dilakukan berdasarkan Surat Perintah Tugas Kepala Dinas Dukcapil Nomor 067/538. Pelayanan dilaksanakan pada hari Senin, Selasa dan Jumat pada tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Sleman, Jazim Sumirat, menyatakan bahwa pelayanan dilaksanakan pada hari Senin, Selasa dan Jumat pada tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 telah berjalan lancar.

"Dengan disosialisasikan secara masif melalui media sosial maka lebih efektif bagi masyarakat untuk mengetahui perihal pelayanan adminduk yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman," kata Jazim, di Sleman, Kamis (13/6/2019)

Dia menjelaskan, selama pelayanan telah terlaksana lima permohonan KK, permohonan KIA sejumlah lima, cetak KK ada 32, pengambilan surket sebanyak 315, permohonan surket sejumlah 50, cetak surket ada 102, pindah datang ada 10, pindah sebanyak ada tiga, akta kelahiran sejumlah 44, akta kematian sebanyak 14, kemudian ada tiga akta perkawinan, dan legalisasi sejumlah 261.

Terkait dengan jumlah penduduk kabupaten Sleman yang ingin mendapatkan pelayanan Adminduk, Jazim mengatakan jika jumlah tidak mengalami pelonjakan. "Tidak ada kenaikan, landai landai saja," ujarnya.

Jazim mengatakan, pelaksanaan pelayanan adminduk selama libur cuti bersama Lebaran tahun 2019 ini juga telah dilaporkan ke Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri.

Sebelumnya, Bupati bersama Wakil Bupati Sleman lakukan inspeksi mendadak (sidak) hari pertama masuk kerja pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Sleman, Senin (10/6/2019). Dari sidak tersebut, didapati empat orang aparatur sipil negara (ASN) izin tidak masuk karena sakit. ASN tersebut merupakan dua orang pegawai DPMPPT dan dua orang pegawai Dishub Kabupaten Sleman.

Bupati Sleman menjelaskan bahwa sidak ini dilakukan selepas syawalan bersama pejabat dan pegawai di lingkup Pemkab Sleman yang dilaksanakan di Pendopo Parasamya Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman. "Sidak ini dilakukan untuk mengecek aktifitas pelayanan dan kehadiran pegawai pasca libur lebaran," kata Sri Purnomo, Senin (10/6/2019).

Sidak dilakukan pada empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu Mall Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sleman (DPMPPT), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Kantor Kecamatan Mlati.

Dalam sidak tersebut Bupati menaruh perhatian pada padatnya pelayanan di Disdukcapil. Sri mengimbau pada masyarakat yang memerlukan pelayanan terkait administrasi kependudukan bisa dilakukan di Mall Pelayanan Publik.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan administrasi lainnya seperti perizinan, surat kedaraan dan lain-lain bisa dilakukan di Mall Pelayanan Publik di Dinas DPMPPT Kabupaten Sleman,” ujarnya.