Advertisement

Lomba Burung Berkicau Digelar untuk Pelestarian Satwa

Lugas Subarkah
Sabtu, 15 Juni 2019 - 12:27 WIB
Sunartono
Lomba Burung Berkicau Digelar untuk Pelestarian Satwa Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi (dua dari kanan) melepas burung dalam pembukaan Lomba Burung Berkicau Walikota Cup IV, Minggu (14/10/2018). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Jogja ke 72, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja akan menggelar Lomba Burung Berkicau Wakil Walikota Cup II 2019, pada Minggu (16/6/2019) mendatang.

Lomba akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB, bertempat di halaman parkir air mancur kompleks Balaikota Jogja. Dalam event ini, Dinas Pertanian dan Pangan bekerjasama dengan Sorowajan Indepenpent sebagai panitia pelaksana.

Advertisement

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Sugeng Darmanto, mengatakan lomba ini merupakan kedua kalinya, yang pertama digelar pada tahun lalu, di Embung Langensari. "Waktu itu peserta mencapai 200 orang, tahun ini kami menargetkan bisa sampai 500 orang," katanya.

Ia berharap dengan lomba ini dapat menumbuhkan kader pembudidaya burung ocehan yang andal. Selain lomba ini juga sebagai upaya pelestarian satwa terutama burung ocehan di Kota Jogja. "Juga menampung aspirasi masyarakat khususnya penggemar burung kicau," katanya.

Ketua Panitia Sorowajan Independent, Eko, menjelaskan lomba ini dikemas dalam empat kelas dan 25 kategori. Empat kelas ini adalah Wakil Walikota, Malioboro, Tugu dan Tamansari. Adapun kategori dalam Kelas Wakil Walikota terdiri dari Murai Batu Wakil Walikota dan Cucak Hijau Wakil Walikota.

Di Kelas Malioboro ada Cucak Hijau Malioboro, Murai Batu Maliobiro, Kacer Malioboro, Cendet Malioboro, Love Bord Fighter Malioboro dan Beranjangan Campur Malioboro. Di kelas Tugu ada kategori Kenari STD Besar Tugu, Kenari STS Kecil Tugu, Kecer Tugu, Cendet Tugu, Anis Merah Tugu, Love Bird Umum Tugu dan Beranjangan Campur Tugu.

Terakhir kelas Tamansari, ada kategori Murai Batu Tamansari, Cucak Hijau Tamansari, Candet Tamansari, Kenari STD Kecil Tamansari, Love Bird Fighter Tamansari, Love Bird Umum Tamansari, Love Bird Paud A Tamansari, Kenari STD Besar Tamansari, Anis Merah Tamansari dan Beranjangan Prava Tamansari.

Harga tiket masing-masing berbeda, untuk kelas Wakil Walikota sebesar Rp200.000, kelas Malioboro Rp100.000, Tugu Rp70.000 dan Tamansari Rp50.000. Total hadiah lomba ini sebesar Rp110.000. Selain itu disediakan pula trofi, doorprize, palan burung dan lainnya. "Totalnya kami sediakan 1.800 tiket, masing-masing kategori 72 tiket," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ajukan Praperadilan, KPK: Silahkan, Itu Hak Tersangka

News
| Rabu, 24 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement