Advertisement

Lelang Jabatan Ditunda, 3 OPD di Bantul Kekosongan Pimpinan

Ujang Hasanudin
Minggu, 23 Juni 2019 - 06:37 WIB
Bhekti Suryani
Lelang Jabatan Ditunda, 3 OPD di Bantul Kekosongan Pimpinan Sekda Bantul Helmi Jamharis (dua dari kiri) saat menyerahkan motor dinas kepada camat dan kepala OPD di depan kantor Bupati Bantul, Kompleks Parasamya. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Rencana pembukaan pendaftaran seleksi tiga Jabatan Tinggi Pratama (JTP) di lingkungan Pemkab Bantul pada pekan kedua bulan ini belum terlaksana. Alasannya rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tentang lelang ketiga jabatan eselon IIB tersebut belum keluar.

“Sampai sekarang kami masih menunggu rekomendasi dari KASN untuk bisa melaksanakan rencana lelang jabatan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis, Sabtu (22/6/2019).

Advertisement

Helmi mengatakan tidak bisa membuka pendaftaran seleksi sebelum adanya rekomendasi KASN. Pihaknya sudah meminta rekomendasi tersebut sejak dua pekan lalu agar lelang jabatan segera dimulai pada Juni ini. Pihaknya sudah meminta Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) untuk mempertanyakan kembali rekomendasi persetujuan rencana lelang jabatan. “Harapannya Juni ini rekomendasi turun,” kata Helmi.

Soal panitia seleksi, Helmi mengatakan sudah tidak ada persoalan. Calon anggota pansel terdiri dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Sekda dan Inspektorat Bantul, serta akademisi.

Sementara itu tiga JTP yang saat ini kosong yakni kepala Dinas Perdagangan; kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD); dan kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru).

Dispertaru kosong setelah ditinggal Isa Budi Hartomo yang dimutasi menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) pada Januari lalu, sementara kepala Dinas Perdagangan dan DPPKBPMD kosong sejak Mei dan Juni lalu karena kepala dinas kedua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut pensiun.

Selain membuka seleksi tiga JTP, Pemkab Bantul juga akan membentuk panitia seleksi mutasi jabatan satu asisten yang kosong per awal Juni. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Rakyat, Totok Sudarto masuk usia pensiun per 1 Juni lalu.

Kepala BKPP Bantul, Danu Suswaryanta, sebelumnya mengatakan jabatan asisten tidak dilelang bersama seleksi tiga JTP, melainkan cukup dengan mutasi internal, “Walaupun mutasi internal tetap melalui Pansel,” kata dia. Danu berharap seleksi tiga JTP segera terlaksana sehingga maksimal akhir Juli ketiga JTP sudah bisa terisi. “Tidak baik juga OPD kosong terlalu lama,” ujar Danu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement