1.457 ASN Jogja Ramaikan Porkar 2019

Peserta gerak jalan bersiap di garis start, dalam Porkar Kota Jogja 2019, di halaman Balai Kota Jogja, Senin (24/6/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
24 Juni 2019 22:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja kembali menggelar Pekan Olahraga Karyawan (Porkar) di halaman Balai Kota Jogja. Acara yang dimulai pada Senin (24/6/2019) tersebut diikuti oleh 1.457 peserta yang berasal dari 46 organisasi perangkat daerah (OPD), tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan tiga instansi vertikal.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Edi Heri Suwasana, mengatakan dalam Porkar tahun ini ada delapan cabang olahraga (cabor) yang dilombakan, yakni lari lima kilometer, gerak jalan, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, catur dan senam. “Lomba ini diawali dengan lari lima kilometer, lalu dilanjutkan dengan gerak jalan beregu putra-putri,” kata dia, seusai pembukaan Porkar di halaman Balai Kot Jogja, Senin.

Porkar, kata dia, selain bisa menjaga kebugaran para karyawan, juga bisa jadi ajang pembibitan atlet dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) untuk bisa berlaga di kancah nasional.

Dalam Porkar tahun ini, para pemenang di setiap cabor akan mendapat Rp5 juta untuk juara satu, Rp4,5 juta untuk juara dua dan Rp4 juta untuk juara tiga. “Total hadiahnya untuk tahun ini mencapai Rp68 juta,” kata Edi.

Khusus untuk cabor gerak jalan, dia mengatakan lomba itu diikuti oleh 89 tim yang terdiri dari 49 tim putra dengan 343 peserta dan 40 tim putri dengan 280 peserta. Start gerak jalan itu dilakukan di halaman Balai Kota Jogja, keluar lewat gerbang timur, kea rah utara menyusuri Jalan Ipda Tut Harsono, belok kiri ke Jalan Melati Wetan, lalu ke selatan menyusuri Jalan Gondosuli hingga simpang tiga Jalan Kusumanegara, lalu ke timur dan kembali lewat gerbang utara Balai Kota.

Salah satu peserta gerak jalan, Aji Pranowo, mengatakan sangat mengapresiasi event tersebut. Pasalnya melalui Porkar dapat memupuk rasa persaudaraan, khususnya pegawai di lingkungan Pemkot Jogja. “Minimal setahun sekali atau kalau bisa lebih, karena untuk refreshing bagi karyawan,” kata dia.

Pria yang merupakan Kasubag Keuangan Satpol PP Kota Jogja itu mengaku ada dua regu putra dan putri yang mewakili kontingen Satpol PP Jogja dalam Porkar Jogja tahun ini. Kedua regu yang berjumlah 14 orang itu akan berlomba di sejumlah cabor, di antaranya gerak jalan dan bulutangkis.

Sekretaris Daerah Kota Jogja, Titik Sulastri, mengatakan Porkar menjadi sarana silaturahmi dan bertukar pengalaman antarkaryawan di lingkup Pemkot Jogja. “Juga untuk mengembalikan energi dari kepenatan rutinitas kerja sehari-hari,” ujar dia.

Secara khusus, ia berharap Porkar bisa jadi kekuatan baru membangun konsolidasi persiapan atlet ASN Kota Jogja dalam menghadapi berbagai ajang, salah satunya adalah helatan Porda DIY yang akan berlangsung pada 10-18 Oktober mendatang.