Advertisement

Puluhan Makam Khusus Muslim Dirusak dan Dibakar

Newswire
Senin, 24 Juni 2019 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Puluhan Makam Khusus Muslim Dirusak dan Dibakar Warga di Bachang, Melaka, Malaysia, geger setelah menemukan 30 makam di Tempat Pemakaman Khusus Muslim Syakirin Pasir Putih, dirusak dan dibakar. - Astrowani

Advertisement

Harianjogja.com, MELAKA- Aksi perusakan puluhan makam dikabarkan terjadi di Malaysia.

Warga di Bachang, Melaka, Malaysia, geger setelah menemukan 30 makam di Tempat Pemakaman Khusus Muslim Syakirin Pasir Putih, dirusak dan dibakar.

Advertisement

Pelaku hingga kekinian masih misterius, begitu pula motif perusakan brutal yang mendapat kecaman secara nasional tersebut.

Seperti diberitakan China Press, Senin (24/6/2019), perusakan dan pembakaran puluhan nisan kuburan umat Islam tersebut terjadi pada hari Jumat (21/6/2019) pekan lalu sekitar pukul 8.30 malam.

Seorang warga, Nik Syukran Muiz Rashid (35), merasa sedih ketika mengetahui insiden tersebut. Sebab, lima makam anggota keluarganya juga ikut rusak dan dibakar.

Hal yang sama juga diungkapkan warga lain bernama Jati Bachang. Ia menuturkan, makam milik almarhum pamannya, sekitar 50 meter dari empat kuburan lain juga dibakar oleh orang misterius.

Sementara Ketua Dewan Manajemen Masyarakat Helung Bachang Kampung Sarang, Nasran Mehat, mengatakan ini bukan kali pertama terjadi.

Bahkan, seminggu sebelum bulan Ramadhan, sebuah makam dirusak. Dia menambahkan, 30 kuburan yang dirusak sejatinya masih memunyai hubungan dengan 8 keluarga.

“Sebanyak 30 makam itu kalau ditilik lagi silsilahnya, ya punya 8 keluarga. Jadi kami mencurigai ini adalah aksi perusakan yang terencana,” tuturnya.

Kepala Kepolisian Distrik Melaka Tengah, Asisten Komisaris Afzanizar Ahmad yang juga berada di tempat kejadian menolak untuk menguraikan masalah ini.

“Kami masih akan melakukan penyelidikan, belum ada yang bisa dipublikasikan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement