Kemenag Seleksi Penyuluh Agama Terbaik

Karyawan Kemenag Kulonprogo mengikuti upacara HAB ke-73 Kemenag Kulonprogo di Alun-Alun Wates, Kamis (3/1/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni
25 Juni 2019 09:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Kantor Kementrian Agama Kulonprogo mengadakan Pemilihan Penyuluh Agama Islam teladan di Aula Menoreh kantor setempat, Kamis (20/6/2019). Penyuluh yang mendapat predikat terbaik, akan mewakili Kulonprogo di tingkat DIY.

Kasi Bimas Islam Kanwil Kemenag Kulonprogo, Saeful Hadi mengatakan proses seleksi kali ini dilakukan secara terbuka dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang lebih tertutup. Pada edisi lalu, pihak panitia mendatangi langsung peserta. Sementara tahun ini kemampuan mereka diuji dan dicari siapa terbaik.

“Siapapun yang terpilih maju ke tingkat DIY agar mempersiapkan kelompok binaannya pada saat visitasi. Karena penilaiannya akan langsung mengunjungi kelompok binaan,” kata Saeful.

Dalam seleksi ini, terpilih tiga peserta PNS terbaik dari total enam orang. Mereka sebelumnya telah mengirimkan karya tulis. Hanya tiga yang dianggap baik untuk dipresentasikan kepada dewan juri.

Adapun ketiga peserta terpilih itu yakni Burhanul Fahruda, penyuluh KUA Lendah dengan tema pemberdayaan ekonomi umat; Warsana, penyuluh KUA Galur yang menyoroti banyaknya pergaulan anak-anak yang kurang baik; dan penyuluh KUA Girimulyo, Akhiru Nurul Ummah, yang menyampaikan perlunya membentengi iman agar tidak tergoda untuk pindah agama.