Sempat Menipis Pascalebaran, Stok Darah Sleman Aman

Ilustrasi Donor darah - JIBI
26 Juni 2019 10:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Wakil Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DIY Suryanto menyatakan untuk saat ini stok darah di DIY tercukupi. Selama dan pascalebaran memang stok darah menipis. Namun, kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah di DIY ini cukup tinggi.

"Kami sangat berterima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi untuk mereka. Semoga masyarakat, instansi, lembaga secara rutin dapat mendonorkan darahnya atau menyelenggarkan donor darah agar kebutuhan darah terjaga dengan aman di DIY," kata Suryanto, di Sleman, Selasa (25/6).

Suryanto mengatakan, masyarakat yang membutuhkan pelayanan darah PMI bisa langsung ke Unit Donor Darah (UDD) PMI.  "Ada lima Kabupaten/Kota yakni UDD PMI Kota Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Tegalgendu 25 Yogyakarta, UDD PMI Kabupaten Bantul yang berada di Jalan Jenderal Sudirman nomor 1 Bantul, UDD PMI Kabuapten Sleman dengan alamat di Jalan Radjimin Sucen Triharjo Sleman, UDD PMI Kabupaten Kulon Progo yang berada di Jalan Bhayangkara Serut Pengasih Kulon Progo dan UDD PMI Kabupaten Gunungkidul yang berlokasi di Jalan Nusa Indah nomor 3 Wonosari Gunungkidul," papar Suryanto.

Seperti diketahui, saat siaga Lebaran Tahun 2019, PMI DIY mendirikan 29 pos Pelayanan Ambulans dan Pertolongan Pertama dengan 23 ambulans. PMI sendiri menugaskan personel yang memiliki latar belakang medis/paramedis dan memiliki kemampuan pertolongan pertama dan fasilitas ambulans.

Sementara itu, Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo mengatakan, Idulfitri telah berlalu. Masyarakat telah menjalankan tradisi mudik dan arus balik.

"Lebaran pun telah berlangsung dengan lancar. PMI DIY juga telah mengerahkan ratusan personel yang dengan sukarela melayani masyarakat saat arus mudik dan balik tersebut," ungkapnya.

Wakil Ketua Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan PMI DIY, Endang Pudjiastuti mengatakan Pos Pelayanan Ambulans dan Pertolongan Pertama PMI ditutup sampai dengan H+7 lebaran dengan mobile ke tempat-tempat wisata yang di kunjungi oleh wisatawan.

"Personel PMI telah bekerja dengan baik, membantu kelancaran arus mudik-balik sesuai tugas PMI yakni membantu memberikan pelayanan kesehatan dan sosial dengan pertolongan pertama dan pelayanan ambulans," katanya.