Perhatikan Asupan Gizi Pelajar, Gunungkidul Gulirkan Program Ini..

Sejumlah siswa mengikuti kegiatan B2SAH di Taman Kota Wonosari, Kecamatan Wonosari, Selasa (25/6/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono.
26 Juni 2019 09:37 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI -- Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memperhatikan asupan pelajar di Bumi Handayani dengan mengadakan gerakan konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, Aman dan Halal (B2SAH) di Taman Kota Wonosari pada Selasa (25/6/2019). Kegiatan B2SAH diikuti ratusan pelajar SD dan SMP.

Masyarakat diminat mengkonsumsi makanan agar mendapat gizi seimbang. Pemkab menggandeng PKK guna mensosialisasukan gerakan B2SAH, terutama untuk anak-anak.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, mengatakan dalam sehari tubuh manusia butuh 1.200 kalori. Oleh karena itu, ia menekankan kepada para murid pentingnya sarapan di pagi hari. "Setiap pagi asupan kalori yang masuk 450 kalori," katanya, Selasa (25/6/2019).

Dia mengungkapkan jenis-jenis makanan yang sesuai dengan B2SAH seperti snack menyerupai mie singkong, telur abon, jeruk, keripik bayam, dan biskuit mocaf. Menurut dia, lingkup yang dipilih adalah pelajar karena pola makan yang teratur dan asupan gizi seimbang berpengaruh pada karakter anak.

"Apa yang dimakan juga berpengaruh pada karakternya tidak hanya secara emosional," tandasnya.