Advertisement

Buntut Bagi-Bagi Ribuan Ayam Gratis, Harga Daging Ayam di Pasaran Turun

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 27 Juni 2019 - 14:17 WIB
Bhekti Suryani
Buntut Bagi-Bagi Ribuan Ayam Gratis, Harga Daging Ayam di Pasaran Turun Ilustrasi daging ayam. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Harga daging ayam di pasaran berangsur turun, pasca-pembagian ribuan ayam gratis oleh para peternak di DIY, sebagai wujud protes rendahnya harga ayam hidup di tingkat peternak, meski di pasar tetap tinggi, pada Rabu (26/6/2019) lalu.

Salah seorang pedagang di Pasar Beringharjo, Tuminem mengatakan setelah ada pembagian tersebut saat ini harga mulai turun. "Turun jadian, dua hari yang lalu masih Rp30.000/kg, sekarang jadi Rp27.000-Rp28.000/kg. Tetapi ya enggak masalah biasa pedagang, harga naik turun," ucap Tuminem, Kamis (27/6/2019).

Advertisement

Dikatakan Tuminem efek pembagian ayam gratis tersebut juga dikeluhkan salah satu pelanggannya yang memiliki warung makan, mengalami penurunan. "Dia biasanya beli sampai 80 kg kalau pas liburan gini, tetapi tadi pagi cuma 10 kg. Katanya sepi kemarin," ujarnya.

Ia juga mengatakan untuk jumlah penjualan sendiri secara umum sebenarnya tidak begitu pengaruh. Ditempatnya masih sama dalam sehari menjual kisaran 3-4 kwintal.

Hal senada juga diungkapkan oleh pedagang di Pasar Demangan, Anas bahwa saat ini harga ayam di pasaran sangat murah.

"Sangat turun ada yang jual Rp25.000/kg, ada Rp28.000/kg. Kisaran segitu, harga Rp30.000/kg udah gak ada sekarang. Tapi kalau kami pedagang ya biasa saja, ikut harga yang ada," ujarnya.

Efek pembagian ayam gratis tersebut diungkapkannya baru berpengaruh pada harga jual ayam. Untuk jumlah pembeli dirasanya masih sama seperti hari biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement