Tahun Depan DIY Kekosongan 4.870 Formasi PNS

Ilustrasi PNS. - JIBI
26 Juni 2019 21:47 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Pada 2020, sebanyak 4.870 formasi di lingkungan Pemda DIY mengalami kekosongan. Kekosongan terjadi karena banyak PNS yang memasuki masa purna tugas.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Agus Supriyanto mengatakan tahun ini (Juli-Desember) jumlah penerima SK pensiun untuk Pemda DIY mencapai 346 orang. Kondisi tersebut semakin menambah jumlah formasi PNS yang kosong. "Setelah kami cermati, sampai 2020 mendatang total ada 4.870 formasi yang kosong," katanya, Rabu (26/6/2019)

Menurutnya, kekosongan ribuan formasi tersebut tidak hanya terjadi di DIY tetapi juga di luar daerah di Indonesia. Agus menjelaskan, mereka yang pensiun tahun ini berasal dari 44 instansi, biro inspektorat, badan, dan dinas di lingkungan Pemda DIY. Salah satunya, Sekda DIY Gatot Saptadi yang merupakan PNS dengan jabatan pembina utama madya, golongan 4D. Ada juga golongan 4B sebanyak 11 orang, 4A ada 153 orang, 46 orang golongan 3D, 3C sebanyak 14 orang, 3B ada 87 orang.

Selain itu, ada enam orang untuk golongan 3A, delapan orang untuk golongan 2D, golongan 2C enam orang, 2B lima orang, 2A ada enam orang, 1D dua orang, dan golongan 1C satu orang. PNS yang akan purna tugas itu dinyatakan lulus menjadi abdi negara sekaligus abdi masyarakat. "Sebagian besar yang pensiun tahun ini adalah guru, sekitar 225 orang. Selebihnya tenaga administrasi," katanya.

Untuk mengisi kekosongan tersebut, Pemda DIY sejak Januari lalu mengusulkan adanya penambahan CPNS sebanyak 1.700 formasi. Meskipun usulan untuk CPNS tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu namun jumlah formasi yang diusulkan jauh lebih merata. Mulai administrasi, guru, paramedis, dan fungsional lainnya. "Kalau tahun lalu paling banyak guru. Tahun ini yang diusulkan, formasinya lebih banyak," katanya.

Dijelaskan dia, kekurangan PNS di seluruh instansi terjadi secara merata. Untuk mengatasi kekurangan itu pihaknya selama ini memaksimalkan tenaga yang ada dengan memberikan pendidikan pelatihan agar mampu mengerjakan kompetensi yang lain. "Masalah nanti dikasih seratus dua ratus, tergantung Pusat. Sepeti tahun lalu, kami ajukan 1.700 formasi yang dikasih hanya 766 saja. Gak masalah," katanya.

BKD masih menunggu surat secara resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB) terkait lowongan CPNS 2019. Jika betul Lowongan CPNS dibuka tahun ini, dia berharap usulan kebutuhan PNS di Pemda DIY dapat dipenuhi. "Kami sudah usulkan sejak Januari lalu. Informasinya, tahap pertama dibuka pendaftaran untuk PPPK itu sekitar Juli nanti, dan untuk CPNS sekitar Oktober," jelasnya.