Potensi Daerah Sleman Perlu Lebih Banyak Dipamerkan

Seorang warga tengah membatik. - IST/Humas UMY
27 Juni 2019 08:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Kabupaten Sleman memiliki cukup banyak potensi pada sektor pariwisata, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Ada juga bermacam destinasi yang terdapat di Sleman mulai dari konsep alam, sejarah, edukasi, belanja, hingga kuliner.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Tri Endah Yitnani mengatakan potensi itu selama ini belum terpromosikan dengan baik. "Sleman masih kurang pamer padahal banyak hal yang bisa disuguhkan bagi wisatawan," kata Tri Endah, Rabu (26/6/2019).

Tri Endah mengatakan, untuk menumbuhkan minat promosi para pelaku usaha, Pemkab bersama stakeholder terkait membentuk Indonesia Marketing Association (IMA).

Beberapa waktu lalu, kepengurusan IMA Chapter Sleman kembali dikukuhkan. Kali ini untuk periode tahun 2019-2021.

Jika periode pertama masih fokus pada tahap konsolidasi dan rekruitmen, kepengurusan IMA periode kedua ini sudah diarahkan untuk mendorong promosi segala potensi daerah yang dipunyai Kabupaten Sleman khususnya yang berkaitan dengan pariwisata dan UMKM.

Organisasi ini beranggotakan 11 orang terdiri dari kalangan akademisi, birokrasi, dan entrepreneur.

"Kami nilai kehadiran IMA penting untuk keperluan promosi daerah. Sejumlah program sudah disiapkan seperti lomba video kreatif pesona Sleman, munas di Semarang pada Oktober mendatang, dan pendaftaran untuk CPM level Asia maupun Indonesia," terang Endah seraya menambahkan, di tingkat DIY, IMA baru ada di Kabupaten Sleman dan Kulonprogo.

Bupati Sri Purnomo yang juga menjabat Ketua Pembina IMA Chapter Sleman mengatakan dengan dilantiknya pengurus yang baru ini dapat mempercepat laju pembangunan.

Sri Purnomo mengharapkan pengurus nantinya bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

"Salah satunya dengan mendorong generasi muda untuk bersikap dinamis dan kreatif dalam memanfaatkan media sosial," tutupnya.