Advertisement

Keren, KKN UIN Suka Jogja Bakal Buka Tiga Desa Wisata Baru di Pegunungan Dieng

Uli Febriarni
Minggu, 30 Juni 2019 - 05:17 WIB
Bhekti Suryani
Keren, KKN UIN Suka Jogja Bakal Buka Tiga Desa Wisata Baru di Pegunungan Dieng Suasana pemantapan dan persiapan untuk merumuskan, menjalankan dan mengevaluasi program KKN tematik, oleh pihak kampus kepada para peserta. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka), lewat Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik akan membuka tiga desa wisata di kawasan pegunungan Dieng, Jawa Tengah.

DPL KKN Tematik UIN Suka di Dieng, Ahmad Salehudin mengatakan, ada tiga desa yg akan ditempati KKN Tematik, yakni desa Sigedang, Desa Igirmranak dan Desa Sikunang.

Advertisement

Rencananya tiga desa tersebut akan dijadikan desa wisata dengan potensi alam. Seperti spot sunrise (matahari terbit) gunung Bisma, sunset (matahari terbenam) bukit Sarinah, padang savana, pendakian gunung Prau dan lainnya.

“Kami mencoba mendorong masyarakat, agar memiliki sumber ekonomi baru di bidang pengelolaan pariwisata,” kata dia, Sabtu (29/6/2019).

Untuk dapat menjalankan KKN dengan optimal, mahasiswa harus membekali diri dengan kesiapan fisik menghadapi lingkungan dan cuaca ekstrem. Selain itu kesiapan pengetahuan untuk belajar dan menemani masyarakat, kesiapan sosial dan mental untuk menjadi bagian dari masyarakat Dieng. Peserta KKN tematik akan ditempatkan di tiga desa itu mulai 2 Juli sampai 20 Agustus 2019.

Kepala Pusat Pengabdian UIN Suka, Didik Krisdiyanto mengatakan, ada beberapa peranan mahasiswa dalam KKN tematik. Antara lain mampu menggali potensi desa, mendampingi pengembangan serta pengelolaan potensi desa menjadi sumber ekonomi masyarakat menuju desa mandiri.

"KKN tematik secara spesifik bertujuan untuk mengindentifikasi, menemukan dan menawarkan alternatif solusi atas problem yang dihadapi oleh masyarakat," tuturnya, dalam kegiatan pemantapan dan persiapan untuk merumuskan, menjalankan dan mengevaluasi program KKN tematik.

Sekretaris LP2M UIN Suka, Moh Soehadha menjelaskan, tema yang diangkat lewat KKN tematik kali ini adalah Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pelestarian Lingkungan dan Nilai-nilai Agama di Pegunungan Dieng, Jawa Tengah.

Secara khusus, KKN tematik ini membidik isu peningkatan ekonomi masyarakat di pegunungan Dieng, berbasis pelestarian lingkungan dan nilai-nilai agama.

"Sebagai tawaran alternatif atas pola ekonomi pertanian kentang, yang cenderung kurang ramah terhadap lingkungan," ungkap lelaki yang juga merupakan antropolog itu.

Ia memaparkan, tahapan KKN tematik dimulai dari perencanaan, penyusunan, eksekusi dan evaluasi program. Prinsip dasarnya, program kerja KKN merupakan kebutuhan masyarakat. Sehingga penyusunan kegiatan KKN tematik harus dilakukan secara kolaboratif antara masyarakat dan mahasiswa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement