Kembangkan Atraksi Budaya Lewat Menoreh Night Festival

Seniman tari, Didik Nini Thowok (kedua dari kanan) menyampaikan rencana penampilannya dalam jumpa pers Menoreh Night Festival di Ruang Glagah, Pemkab Kulonprogo. Harian Jogja - Fahmi Ahmad Burhan.
03 Juli 2019 07:27 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES-- Dinas Pariwisata DIY akan menggelar Menoreh Night Festival di Goa Kiskendo. Pelaksanaan di tahun ke tiga pada 2019 ini, atraksi budaya akan lebih ditonjolkan.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata DIY, Aria Nugrahadi mengatakan tahun ini gelaran Menoreh Night Festival memasuki tahun ketiganya. "Untuk yang ketiga ini, yang akan kita selenggarakan itu lebih menyasar pada aspek budaya dengan mengangkat konten lokal Menoreh," jelas Aria pada Selasa (2/7/2019).

Salah satu contoh budaya yang berkembang di Menoreh yaitu kenduri. Ia mengatakan, Perbukitan Menoreh membentang di empat kecamatan di Kulonprogo, yaitu Kokap, Girimulyo, Samigaluh, dan Kalibawang. Keempatnya mempunyai atraksi budaya masing-masing yang bisa ditampilkan.

"Ada atraksi kesenian incling dari Kokap, jabur dari Kalibawang, lengger tepeng dari Samigaluh, dan wayang topeng dari Girimulyo," tutur Aria.

Rangkaian acara Menoreh Night Festival digelar dari Kamis (4/7/2019) sampai Minggu (7/7/2019). "Di dalam venue akan ada 25 konten lokal khas produk Kulonprogo. Tidak hanya didisplay tapi prosesnya juga akan diperlihatkan, seperti gula kelapa itu prosesnya akan diperlihatkan. Ini penting, karena terkait bagaimana budaya dapat disaring," ujar Aria.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Niken Probo Laras mengatakan dengan digelarnya acara Menoreh Night Festival, diharap bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Kulonprogo khususnya Perbukitan Menoreh. Menurutnya, dengan digelarnya acara Menoreh Night Festival di Goa Kiskendo, bisa menjadikan Goa Kiskendo sebagai salah satu ikon wisata di Kulonprogo.

Menurutnya, dengan adanya Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), objek wisata di Kulonprogo perlu dipromosikan agar menarik minat wisatawan, salah satu langkah promosi yaitu melalui berbagai acara atraksi budaya. Ia mengatakan, dalam mengembangkan wisata di Kulonprogo, harus juga terlibat semua pihak. "Atraksi ini harusnya melibatkan organisasi industri pariwisata agar Menoreh Night Festival populer," ungkap Niken.

Dalam rangkaian acara Menoreh Night Festival juga akan ditampilkan atraksi tari dari seniman tari Indonesia Didik Nini Thowok. "Untuk penampilan nanti, sudah dipersiapkan tarian dwimuka, lalu yang kedua akan ada kolaborasi degan Omah Cangkem," ucap seniman tari, Didik Nini Thowok.