Advertisement

354 Calhaj Asal Kota Jogja Bertolak ke Tanah Suci

Lugas Subarkah
Minggu, 14 Juli 2019 - 05:17 WIB
Bhekti Suryani
354 Calhaj Asal Kota Jogja Bertolak ke Tanah Suci Ibadah haji. - REUTERS/Ammar Awad

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Sebanyak 354 jemaah calon haji (calhaj) Kota Jogja yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 21 SOC diberangkatkan dari Balaikota Jogja menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (12/7/2019). Calhaj asal Kota Jogja yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun ini tercatat sebanyak 499 orang ditambah tiga petugas daerah. Jemaah terbagi dalam empat kloter, yakni 21 SOC dengan 354 calhaj yang seluruhnya berasal dari Kota Jogja.

Kloter kedua yakni Kloter 22 SOC dengan 92 calhaj yang akan bergabung dengan jemaah dari kabupaten lain, dan kloter berikutnya adalah Kloter 96 SOC terdiri dari enam calhaj yaitu empat calhaj reguler ditambah dua calhaj cadangan dan Kloter 97 SOC dengan 49 calon haji. Untuk Kloter 96 SOC dan 97 SOC akan diberangkatkan dari Kota Jogja pada 4 Agustus dan terbang ke Jeddah, Arab Saudi keesokan harinya.

Advertisement

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Jogja, Octo Noor Arafat, mengatakan meskipun calhaj tahun ini mayoritas lansia, ia tetap optimistis mereka bisa menjalani ibadah dengan lancar. “Meski lansia, tapi saya yakin mereka adalah lansia yang sehat,” katanya, Jumat.

Ia berpesan agar para jemaah selalu menjaga kondisi kesehatan selama menjalankan ibadah. Karena pelaksanaan rukun-rukun ibadah haji memang banyak menguras tenaga, sehingga harus menjaga fisik dan psikis agar kelak pulang ke kembali mendapat predikat haji mambrur.

“Karena antre berangkat haji itu puluhan tahun, kalau sudah sampai di sana harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata dia.

Pihaknya terus memantau kondisi calhaj asal Kota Jogja yang melaksanakan ibadah haji melalui Kementerian Agama Kota Jogja. Ia akan meminta update secara berkala untuk mengetahui perkembangan jemaah.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jogja, Nur Abadi mengatakan jamaah bertolak ke Madinah, Arab Saudi, dari Asrama Haji Donohudan, pada Sabtu (13/7/2019s).

"Dari Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo Solo menuju Bandara Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement