Lagi, Perangkat Desa Ini Bersepeda Ratusan Kilometer Kampanyekan Antinarkoba

Bupati Sleman Sri Purnomo saat melepas rombongan tim gowes dari halaman Kantor Desa Condongcatur, Rabu (17/7). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
17 Juli 2019 19:02 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 10 orang dalam tim gowes Desa Condongcatur berangkat menuju Jakarta, Rabu (17/7/2019). Aksi gowes long trip tersebut merupakan upaya untuk kampanye tolak narkoba dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Sedunia.

Rombongan tersebut dilepas secara simbolis oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo, dari halaman Kantor Desa Condongcatur.

Kepala Desa Condongcatur, Reno Chandra Sangaji yang juga turut dalam rombongan yang akan menuju Jakarta, mengatakan ke-10 pesepeda yang berangkat tersebut terdiri dari tujuh perangkat Desa Condongcatur dan tiga orang dari komunitas gowes. “Jarak yang ditempuh kurang lebih sejauh 600 kilometer dengan waktu tempuh diperkirakan selama lima hari,” kata dia, Rabu.

Ia mengatakan, nantinya, rombongan yang berangkat akan melakukan kampanye tolak narkoba di 15 kota yang akan dilewati. “Yang kami lakukan tetap kampanye bagikan alat peraga, maupun brosur-brosur perangi narkoba,” ucap dia.

Dia mengatakan aksi gowes long trip tersebut merupakan yang kali kedua dilaksanakan. Tahun lalu, tim pesepeda dari Desa Condongcatur juga melakukan hal serupa dengan rute Condongcatur-Malang.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Desa Condongcatur untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. Seperti yang diketahui bersama bahwa Desa Condongcatur telah dikukuhkan sebagai Desa Bersinar, atau Desa Bersih Narkoba oleh Kepala BNN Pusat pada tahun lalu”, kata dia.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY Brigjen Pol Triwarno Atmojo mengatakan, sosialisasi serta upaya pencegahan merupakan hal yang penting untuk memberantas peredaran narkoba. “Peredaran narkoba di DIY itu masih cukup banyak, oleh karenanya, kampanye-kampanye seperti ini sangat penting agar masyarakat maupun generasi muda mengerti betapa bahaya narkoba,” kata dia.