PILKADA BANTUL: Demokrat Incar Calon Wabup

ilustrasi. - dok
22 Juli 2019 13:07 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com ,BANTUL--Partai Demokrat bersiap ambil bagian dalam Pilkada Bantul 2020 mendatang. Bahkan partai yang digawangi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini sudah menyiapkan beberapa kadernya yang siap dijadikan sebagai bakal calon Wakil Bupati Bantul.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Bantul, Nur Rohmat mengatakan Demokrat berkepentingan menghadirkan calon pemimpin di Bantul. Pada Pilkada 2015 lalu, Demokrat Bantul ikut mendukung pasangan Suharsono-Abdul Halim Muslih, bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Namun melihat peta perpolitikan saat ini, Nur Rahmat tidak bisa menjamin koalisi Pilkada 2015 lalu kembali diulang pada pilkada 2020 mendatang. Demokrat sendiri tidak bisa memastikan untuk kembali mendukung Suharsono atau Abdul Halim Muslih. “Komunikasi dengan beberapa partai masih cair, karena pendaftaran masih cukup lama,” kata Nur Rahmat, dalam keterangan pers di Rumah Makan Andrawina, Bantul, Senin (22/7/2019).

Nur Rahmat mengatakan saat ini komunikasi dengan sejumlah partai masih terus dilakukan. Ia mengklaim beberapa bakal calon yang muncul juga sudah ada yang berkomunikasi, namun masih komunikasi nonformal. Nama-nama yang muncul tersebut diakuinya baru muncul untuk bakal calon bupati. Sementara tokoh yang menyatakan diri untuk bakal calon wakil bupati belum ada.

Dengan perolehan sekitar 38 ribu suara saat Pemilu 2019, atau sekitar dua kursi perwakilan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, dia optimistis hal itu bisa jadi kunci pencalonan bakal calon bupati dan wakil bupati bersama partai lainnya.

Pasalnya hampir semua partai politik di Bantul tidak bisa mengusung paket pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul, kecuali Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). “Kami memberanikan diri untuk mengajukan [menawarkan] calon yang akan diusung. Kami optimistis bisa merebut Bantul 2 [Wakil Bupati Bantul],” ujar Nur Rohmat.

Lebih lanjut Nur Rohmat mengatakan internal Demokrat sudah melakukan rapat internal terkait dengan persiapan Pilkada Bantul 2020. Dalam rapat tersebut muncul beberapa nama yang diusulkan kader mulai dari tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC), DPC, hingga Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DIY.

Nama-nama tersebut, yakni Heri Sebayang yang saat ini menjabat ketua DPD Demokrat DIY, Edy Prabowo selaku bendahara DPC Demokrat Bantul, Rony Wijaya Indra Gunawan sebagai kader Demokrat yang terpilih menjadi anggota DPRD Bantul, Hozi sebagai sekretaris DPC Demokrat Bantul, dan Nur Rohmat sendiri sebagai ketua DPC Demokrat Bantul.

Kelima nama itu, diakui Nur Rohmat merupakan kader potensial berdasarkan usulan kader dan masyarakat.

Sementara itu, Edy Prabowo mengatakan secara pribadi dirinya siap ditempatkan dimanapun oleh partai politik. Anggota DPRD Bantul periode 2019-2024 ini mengaku Demokrat Bantul masih cair dan membuka komunikasi dengan sejumlah partai. “Sampai sekarang belum ada yang resmi koalisi,” kata Edy.

Ia menyatakan Demokrat Bantul jika pada akhirnya nanti mengusung pasangan calon lain, namun tetap akan mendukung penuh pemerintahan Suharsono-Abdul Halim Muslih sampai 2021 mendatang sebagai etika politik koalisi pada pilkada 2015 lalu.