Dinpar DIY Promosikan Kekayaan dan Heritage Gunung Api Purba Nglanggeran

Pentas musik Geopark Night Specta 4.0 di panggung terbuka Gunung Api Purba Nglanggeran, Jumat (19/7/2019). - Istimewa/Dokumen Dinas Pariwisata DIY
23 Juli 2019 23:27 WIB Yudhi Kusdiyanto Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY bekerjasama dengan Pemkab Gunungkidul menggelar Geopark Night Specta 4.0 di panggung terbuka Gunung Api Purba Nglanggeran, Jumat (19/7/2019).

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya memperkenalkan kekayaan heritage situs Gunung Api Purba Nglanggeran yang menjadi bagian dari kawasan Geopark Gunungsewu UNESCO Global Geopark Network (GGN) pada generasi milenial.” tutur Kepala Dinpar DIY, Singgih Raharjo, seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (23/7/2019).

Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, menyatakan pemerintah mengapresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan Geopark Night Specta 4.0. “Acara ini diselenggarakan dalam rangka mempromosikan kekayaan heritage dan situs Gunung Api Purba Nglanggeran pada khususnya dan potensi wisata geosite DIY pada umumnya. Diharapkan acara Geopark Night Specta 4.0 dapat memacu kreativitas masyarakat sekaligus dapat menumbuhkembangkan pariwisata di daerah DIY,” kata Paku Alam X.

Acara pertunjukan diawali dengan tari sayuk rukun yang dibawakan sejumlah seniman asal Gunungkidul. Tari ini menjadi simbol kerukunan dan kedamaian masyarakat di Bumi Handayani. Atmosfer kemeriahan terlihat saat sejumlah bintang tamu tampil di panggung utama, seperti Erix Soekamti, Gaseng OM Wawes, Nufi Wardhana dan Nanda Chandra. Ratusan anak muda terlihat memadati area panggung berlatar belakang keindahan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Dalam acara tersebut juga pemerintah memberikan penghargaan GunungSewu Award kepada sejumlah kelompok masyarakat yang berperan aktif dalam pengembangan situs warisan geologi. Penghargaan terdiri dari lima nominasi yaitu edukasi; pemberdayaan masyarakat; konservasi; pemberdayaan masyarakat dan edukasi.