Advertisement

Trotoar Jalan Jenderal Sudirman Mulai Direhab Besok, dari Gramedia Sampai Jembatan Gondolayu

Abdul Hamied Razak
Minggu, 28 Juli 2019 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Trotoar Jalan Jenderal Sudirman Mulai Direhab Besok, dari Gramedia Sampai Jembatan Gondolayu PKL di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Jogja, Minggu (20/1/2019). - Harian Jogja/Nugroho Nurcahyo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Revitalisasi jalur pedestrian Jalan Jenderal Sudirman dimulai Senin (29/7/2019) besok. Proyek yang menelan anggaran sekitar Rp14,5 miliar ini dimulai dari sisi timur (simpang Gramedia) hingga Jembatan Gondolayu.

Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Umi Akhsanti mengatakan revitalisasi kawasan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman ditargetkan selesai dalam waktu lima bulan.

Advertisement

“Desember nanti diharapkan bisa diresmikan. Tahap pertama yang dilakukan adalah membongkar trotoar yang ada saat ini dimulai dari simpang Gramedia baik di sisi selatan maupun utara jalan. Jadi pengerjaannya bersamaan,” katanya, Minggu (28/7/2019).

Menurut dia, tingkat kesulitan untuk mengerjakan proyek tersebut tidak serumit saat revitalisasi pedestrian di Jalan Suroto Kotabaru. Salah satu alasannya adalah trotoar di Jalan Jenderal Sudirman lebih lebar dibandingkan dengan di Jalan Suroto. Selain itu tidak ada pemindahan tiang-tiang listrik seperti yang dilakukan di Jalan Suroto sehingga pengerjaannya lebih mudah. "Posisi tiang listrik sudah berada di bagian pinggir trotoar sehingga tidak perlu dipindah," katanya.

Namun, kabel telekomunikasi yang semula bergantung di tiang akan ditanam di dalam tanah oleh masing-masing provider telekomunikasi. "Kami sudah berkomunikasi dengan provider untuk pengerjaan saluran jaringan kabel fiber optik," kata Umi.

Dia menegaskan tidak ada penutupan jalan selama proses revitalisasi Jalan Jenderal Sudirman.

"Meski ada proyek, jalan di sekitar proyek tidak ditutup. Rekayasa lalu lintas hanya dilakukan sewaktu-waktu

misalnya saat ada alat berat. Tapi kami upayakan untuk tidak mengganggu pengguna jalan," kata Umi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement