Listrik Jabodetabek Padam, Kereta Tujuan Jogja Ikut Terdampak

Ilustrasi penumpang kereta menunggu di stasiun. - Harian Jogja/Holy Kartika N.S
05 Agustus 2019 21:27 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Pemadaman listrik di wilayah Jabodetabek juga berdampak pada keterlambatan perjalanan beberapa kereta api (KA) tujuan Jogja.

Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 6 Eko Budiyanto mengungkapkan PT KAI meminta maaf atas keterlambatan perjalanan KA yang disebabkan pemadaman tersebut. Ia menjelaskan terjadinya pemadaman listrik PLN di wilayah Jakarta, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah berdampak pada perjalanan KA dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Perjalanan KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami gangguan dan keterlambatan," kata dia, Senin (5/8/2019).

Ia menyebutkan dari pantauan PT KAI, beberapa perjalanan KA yang akan masuk stasiun wilayah Daop 6 khususnya Jogja juga terdampak. Ada tujuh perjalanan KA yang masuk wilayah Jogja yang mengalami keterlambatan pada Minggu malam hingga Senin pagi.

Adapun KA yang terlambat yakni KA Bima relasi Gambir - Purwokerto - Malang, KA Gajayana (Gambir-Purwokerto-Malang), KA Senja Utama Yogyakarta (Pasarsenen-Yogyakarta), KA Argo Lawu (Gambir-Solo) yang mengalami keterlambatan hingga 150-an menit, KA Taksaka (Gambir-Purwokerto-Yogyakarta) yang terlambat sekitar 160-an menit, KA Mataram (Pasarsenen-Lempuyangan) yang terlambat 15-an menit, dan KA Bogowonto (Pasarsenen-Lempuyàngan) terlambat sekitar 20 menit.

"PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan perjalanan KA tersebut. Untuk perjalanan KA selanjutnya dari Jakarta, setelah listrik normal tadi malam, KA bisa berjalan normal kembali. PT KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya," kata dia.